KAMPUS JOGJA : 3 Mahasiswa Ini Ikuti Pertemuan Internasional tentang Alam dan Korupsi

JIBI/HARIAN JOGJA - DESI SURYANTO Gedung Pusat Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
15 Maret 2015 05:20 WIB Mediani Dyah Natalia News Share :

Kampus Jogja, UGM mengirimkan tiga mahasiswa terbaik untuk mengikuti ISFIT.

Harianjogja.com, SLEMAN-Sebanyak tiga mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), yaitu Cornellius Yudha Wijaya (Biologi), Barata Teddy Irwanto (MIPA) dan Jatmiko Wirawan Wiranto (Hukum) mengikuti International Student Festival in Trondheim (ISFIT), 5-15 Februari 2015.

ISFIT adalah Festival Biannual yang diadakan oleh persatuan mahasiswa internasional yang berada di Norwegia dengan melibatkan seluruh kota Trondheim, Norwegia. Peserta yang hadir merupakan mahasiswa S1, S2 ataupun S3 yang berasal dari 100 negara yang berbeda. Setiap tahun festival ini mengusung tema yang berbeda-beda, untuk tahun 2015 ini ISFIT mengambil tema Corruption.

“Tahun ini tema di ISFIT dibagi-bagi menjadi berbagai macam subtema sesuai dengan kemampuan dan minat yang dimiliki oleh peserta,” tutur Yudha Wijaya, Jumat (13/3/2015) seperti rilis yang Harianjogja.com, terima.

Yudha mencontohkan dirinya mengambil subtema Nature, Barata mengambil subtema Development dan Jatmiko dengan Case. Setiap workshop memiliki kegiatan yang berbeda-beda, tergantung dari subtemanya.

Sementara itu beberapa pembicara internasional yang hadir dalam acara tersebut antara lain membahas mengenai korupsi seperti Peter Eigen, Co-Creator dari Transaprency International, Jonathan Saphiro dari World Bank, dan Sony Kapoor dari International Think Tank Re-Define.

“Tiap kelompok isunya lebih spesifik seperti yang subtema Nature. Fokusnya terkait alam serta bagaimanakah korupsi mempengaruhi alam sehingga dicari bagaimana solusi yang bisa diberikan oleh mahasiswa terhadap dunia,”urainya.

Pada kesempatan terpisah, Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc., selaku Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Biologi UGM menyampaikan komitmen untuk terus mendukung dan mengirimkan delegasinya setiap dua tahun ke forum ISFIT.