UAN 2015 : Nilai Bukan Penentu Kelulusan tetapi Dipakai untuk Daftar sekolah

27 Januari 2015 09:20 WIB Redaksi Solopos News Share :

UAN 2015, nilai akan dipergunakan untuk mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Harianjogja.com, JOGJA-Ujian Akhir Nasional (UAN) 2015 cenderung berbeda dibanding tahun sebelumnya. Sebab hasil UAN tidak akan digunakan sebagai penentu kelulusan siswa, tetap digunakan sebagai pertimbangan masuk ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

Selain itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jogja, Edy Heri Suasana, hasil UAN akan digunakan sebagai dasar pengukuran pencapaian proses pembelajaran di suatu jenjang pendidikan serta digunakan untuk pemetaan kualitas sekolah, guru dan murid.

"Jadi, siswa tidak bisa asal-asalan dalam mengerjakan ujian nasional karena hasilnya tetap akan dijadikan pertimbangan masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi," kata Edy, Senin (26/1/2015).

UAN pada tahun ini, lanjut Heri juga akan mengacu pada soal-soal sesuai Kurikulum 2006 karena siswa yang kini duduk di bangku kelas 6, 9 dan 12 masih menggunakan kurikulum lama dan belum memakai Kurikulum 2013.

"Sesuai aturan, ujian akhir nasional harus menggunakan soal-soal tang standar. Saya pikir, tidak akan ada masalah mengenai soal yang akan diberikan nanti," katanya.

Selain segera membuka "help desk", persiapan ujian nasional yang juga akan dilakukan pada tahun ini tidak berbeda jauh dibanding tahun lalu, yaitu dengan penambahan jam pelajaran sebanyak 10 kali untuk tiap mata pelajaran yang diujikan serta tes pendalaman materi.

"Anggaran untuk itu sudah ada baik di sekolah negeri dan swasta dari jenjang SD, SMP dan SMA/SMK. Penambahan jam pelajaran dan tes pendalaman materi dirasa cukup efektif untuk persiapan ujian nasional sehingga hasilnya maksimal" katanya.