Advertisement

STATUS GUNUNG SLAMET : Gunung Slamet Naik Jadi Siaga, Radius Aman di Atas 4 Km

Rabu, 30 April 2014 - 12:56 WIB
Nina Atmasari
STATUS GUNUNG SLAMET : Gunung Slamet Naik Jadi Siaga, Radius Aman di Atas 4 Km LETUSAN GUNUNG SLAMETPuncak Gunung Slamet menyemburkan material vulkanik saat terjadi letusan terlihat dari Pos Pengamatan Gunung Api Slamet, Desa Gambuhan, Pemalang, Jateng, Kamis (13/3). Sejak Kamis dini hari, Gunung Slamet mengeluarkan asap hitam berisi material abu vulkanik sembilan kali disertai gempa vulkanik. ANTARA FOTO - Oky Lukmansyah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Gunung Slamet kembali mengalami peningkatan aktivitas vulkanik. Status gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah ini ditingkatkan dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III).

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Surono menjelaskan peningkatan status dirilis pada Rabu (30/4/2014) pukul 10.00 WIB.

Advertisement

Ia menjelaskan, peningkatan status ini didasarkan pada aktivitas kegempaan vulkanik yang menunjukkan peningkatan utamanya Gempa Letusan, Gempa, Embusan dan Tremor. "Energi kegempaan (RSAM) juga meningkat," jelasnya, dalam pesan singkat kepada Harianjogja.com.

Adapun deformasi atau penggelembungan tuguh Gunung Slamet EDM, dari pos ke stasiun Cilik dan Buncis, menunjukkan inflasi.

Dari aktivitas tersebut, Surono merekomendasikan masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak beraktivitas dalam radius 4 kilometer dari puncak Gunung Slamet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Klitih Terjadi di Jalan Kretek-Siluk Bantul hingga Korban Patah Tulang, Ini Penjelasan Polisi

Bantul
| Sabtu, 27 Juli 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Taman Balekambang Solo Resmi Dibuka Kamis 25 Juli 2024, Segini Tarif Masuk dan Jam Operasionalnya

Wisata
| Rabu, 24 Juli 2024, 15:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement