Advertisement

DUGAAN PLAGIARISME ANGGITO ABIMANYU : Bahas Pengunduran Anggito, UGM Perlu 3 Kali Rapat

Selasa, 18 Februari 2014 - 16:20 WIB
Nina Atmasari
DUGAAN PLAGIARISME ANGGITO ABIMANYU : Bahas Pengunduran Anggito, UGM Perlu 3 Kali Rapat PENGUNDURAN DIRI ANGGITO ABIMANYUDirjen Haji dan Umroh Kementrian Agama RI, Anggito Abimanyu (kanan) saat menyatakan pengunduran dirinya terkait dugaan plagiat, didampingi Rektor UGM, Pratikno (tengah) dan Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis UGM, Wihana Kirana (kiri) di UGM, Yogyakarta, Senin (17/2/2014). Anggito menyatakan mengundurkan diri menjadi dosen Ilmu Ekonomi di UGM sebagai bentuk tanggungjawab moral karena dugaan plagiat penulisan opini di Harian Kompas. ANTARA FOTO - Regina Safri

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Rektor UGM Prof. Pratikno menjelaskan, pihaknya belum dapat memberikan jawaban atas http://www.harianjogja.com/baca/2014/02/17/dugaan-plagiarisme-anggito-abimanyu-mundur-dari-dosen-ugm-490243" target="_blank">pengunduran diri yang diajukan Anggito. Sebaliknya, Pratikno akan menindaklanjuti permintaan Anggito ke Sidang Senat Akademik.

"Kami belum melakukan judgement. Kami akan mengirim surat ke Senat agar memroses dan menganalisa pengakuan atas kesalahan pengutipan referensi yang dilakukan Anggito," kata Pratikno, Senin (17/2/2014).

Advertisement

Melalui Senat Akademik UGM, lanjutnya, kasus tersebut akan disampaikan kepada Komite Etik. Hasil telaah Komisi Etik disampaikan kembali pada Senat Akademik sebelum diserahkan ke Rektor UGM.

"Sidang Senat dilaksanakan hanya sebulan sekali atau dibahas dalam sidang pleno khusus yang bisa dilaksanakan kapan pun. Saya perkirakan kemungkinan akan dilakukan tiga kali sidang pleno untuk membahas ini. Butuh waktu untuk proses ini, tapi semua akan merujuk nilai-nilai kejujuran," kata Pratikno.

Secara pribadi, dia tidak percaya atas pengajuan pengunduran diri Anggito. Menurutnya, permohonan tersebut merupakan sesuatu yang berat bagi UGM. Namun sesuai komitmen, UGM akan terus mendukung kejujuran dan budaya akademik.

UGM, lanjut Pratikno, akan membahas kasus tersebut sebaik-baiknya karena hal itu melibatkan aset UGM yang dinilainya sangat berharga. "Sikap kejujuran harus terus dijunjung tinggi. Kalaupun nanti Saudara Anggito terbukti tidak melanggar etika, kami akan menolak pengunduran dirinya," katanya.

Saat ini, Anggito masih berstatus sebagai dosen FEB UGM. Setiap minggunya, Anggito masih mengajar dua mata kuliah. Untuk sementara, posisi Anggito sebagai Dosen UGM dinonaktifkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement