DUGAAN PLAGIARISME ANGGITO ABIMANYU : Munawar Legowo

PENGUNDURAN DIRI ANGGITO ABIMANYUDirjen Haji dan Umroh Kementrian Agama RI, Anggito Abimanyu (kanan) saat menyatakan pengunduran dirinya terkait dugaan plagiat, didampingi Rektor UGM, Pratikno (tengah) dan Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis UGM, Wihana Kirana (kiri) di UGM, Yogyakarta, Senin (17/2/2014). Anggito menyatakan mengundurkan diri menjadi dosen Ilmu Ekonomi di UGM sebagai bentuk tanggungjawab moral karena dugaan plagiat penulisan opini di Harian Kompas. ANTARA FOTO - Regina Safri
18 Februari 2014 16:05 WIB News Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Munawar Kasan, korban dugaan plagiarisme Dosen Universitas Gajah Mada (UGM), Anggito Abimanyu mengakui jika tulisan yang ditulis Anggito mirip dengan tulisan dia dan Hotbonar Sinaga.

Dia berharap, kasus tersebut menjadi pelajaran bagi semua pihak. "Iya, kami sudah kontak via sms. Beliau menyampaikan hal yang sama [permintaan maaf]. Mudah-mudahan dapat menjadi pelajaran dan hikmah berharga buat kita semua," kata Munawar, Senin (17/2/2014).

Sebelumnya, Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB-UGM), Anggito Abimanyu mengundurkan diri dari UGM.

Pengunduran diri Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementarian Agama itu terjadi setelah ia dituduh melakukan plagiarisme.

Berawal dari tulisan Anggito dalam rubrik Opini yang dimuat Kompas pada 10 Februari 2014 berjudul “Gagasan Asuransi Bencana”, muncul tudingan jika tulisan menjiplak tulisan Hotbonar Sinaga dan Munawar Kasan berjudul “Menggagas Asuransi Bencana” yang juga dimuat di Kompas, pada 21 Juli 2006 silam.

“Saya meminta maaf kepada rektor, dosen, dan seluruh sivitas UGM. Khususnya kepada saudara Hotbonar Sinaga dan Munawar Kasan,” ujarnya kepada wartawan saat menggelar jumpa pers di UC UGM, Senin (17/2/2014).

Selain meminta maaf, Anggito juga menyatakan mengundurkan diri sebagai dosen UGM. Hal itu dilakukan dengan alasan demi mempertahankan kredibilitas UGM sebagai kampus yang menjunjung kejujuran, integritas dan tanggungjawab akademik.