Advertisement

Ma'ruf Amin Siapkan Diri Agar Tak Grogi saat Debat Pilpres

Aziz Rahardyan
Sabtu, 05 Januari 2019 - 12:50 WIB
Bhekti Suryani
Ma'ruf Amin Siapkan Diri Agar Tak Grogi saat Debat Pilpres Cawapres Jokowi, Ma'ruf Amin (Ketua MUI Non/aktif) menikmati keindahan alam Raja Ampat, Papua Barat sebelum mengikuti kegiatan rapat kerja nasional (Rakernas) Majelis Ulama Indonesia ke/IV, di Waisai, Papua Barat

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Debat capres dan cawapres peserta pilpres tak lama lagi digelar. Masing-masing kubu mulai mempersiapkan diri. 

Jelang Debat Pilpres Perdana pada Kamis (17/1/2019), cawapres nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin menyatakan pihaknya tengah mempersiapkan materi dengan membuat Tim Materi Debat.

Walaupun dari peserta debat lain hanya Ma'ruf yang belum pernah mengikuti debat pasangan calon, dirinya mengaku biasa saja dan bukan menjadi halangan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke-7 ini.

"Perkara saya belum pernah ikut debat, itu bukan halangan. Itu kalau debat, ya seperti debat di Majelis Ulama Indonesia [MUI] kerjaannya berdebat," ungkap Ma'ruf di kediamannya, Jumat (4/1/2018).

Kendati demikian, ulama yang akrab disapa Abah ini mengakui bahwa acara debat paslon yang rencananya digelar di Hotel Bidakara ini berbeda dari debat-debat yang kerap diikutinya, sebab acara ini akan dilihat berjuta pasang mata masyarakat Indonesia.

Untuk itu TKN Jokowi-Ma'ruf akan mengundang pakar di bidang sesuai tema yang akan diperdebatkan dalam acara tersebut, di antaranya terkait Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Korupsi, serta Terorisme.

Nantinya Ma'ruf mengungkap dirinya dijadwalkan tampil sebanyak tiga kali dalam acara tersebut. Dua kali akan tampil bersama Presiden Jokowi, dan satu kali tampil seorang diri ketika sesi debat antar-cawapres.

"Maka itu selain persiapan materi, persiapan mental. Maka mentalnya harus siap," ungkap Ma'ruf.

"Walaupun materinya cukup [tapi] mentalnya tidak siap, itu grogi. Istilahnya harus siap mental dan siap materi debatnya," tambahnya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cara Membeli Tiket KA Bandara Jogja via Online

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement