Advertisement

Gunung Anak Krakatau Meletus Semburkan Abu 2 Kilometer

Newswire
Kamis, 03 Januari 2019 - 13:50 WIB
Bhekti Suryani
Gunung Anak Krakatau Meletus Semburkan Abu 2 Kilometer Letusan Gunung Anak Krakatau terlihat dari foto udara yang diambil dari pesawat Cessna 208 B Grand Caravan milik Maskapai SusiAir di Selat Sunda, Minggu (23/12). - Bisnis/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Letusan Gunung Anak Krakatau hingga kini belum berhenti.

Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Lampung, kembali erupsi, Kamis (3/1/2018). Erupsi yang terjadi sekira pukul 10.17 WIB tadi menyemburkan abu setinggi dua kilometer di atas puncak kawah.

Advertisement

“Tinggi kolom abu teramati lebih kurang 2.000 meter di atas puncak [± 2.110 meter di atas permukaan laut]” demikian rilis dari Badan Geologi PVMBG.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara dan timur laut. “Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi lebih kurang 2 menit 8 detik.

Saat ini, Gunung Anak Krakatau berada pada status Level III atau Siaga. Masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 5 kilometer dari kawah.

Pada Sabtu 22 Desember 2018 malam, erupsi kemudian longsor yang terjadi di Gunung Anak Krakatau memicu gelombang tsunami ke pesisir Banten dan Lampung menewaskan lebih 450 orang dan melukai ribuan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Sleman Rusak Akibat Proyek Tol, Perbaikan Dilimpahkan ke Pengembang

Sleman
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement