Advertisement

Donald Trump Tak Janjikan untuk Ekstradisi Gulen

Newswire
Selasa, 18 Desember 2018 - 10:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Donald Trump Tak Janjikan untuk Ekstradisi Gulen Presiden Amerika Serikat Donald Trump. - REUTERS

Advertisement

Harianjogja.com, WASHINGTON-Presiden Donald Trump tidak menjanjikan presiden Turki itu untuk mengekstradisi Fethullah Gulen, ulama Turki yang tinggal di AS, demikian diungkapkan seorang pejabat tinggi Gedung Putih, Senin (17/12/2018).

"Ketika melakukan pertemuan dengan Presiden Erdogan di G20, Presiden [Trump, red] tidak menyatakan janji akan mengekstradisi Fethullah Gulen," kata pejabat tersebut, yang tidak ingin disebutkan namanya.

Advertisement

Erdogan menuding Gulen sebagai sosok yang bertanggung jawab di balik percobaan kudeta pada 2016. Saat itu, tentara-tentara yang bertingkah laku aneh merebut tank-tank dan helikopter serta menyerang parlemen dan menembaki para warga sipil tak bersenjata.

Gulen sendiri membantah terlibat dalam kudeta yang gagal tersebut.

Turki telah sekian lama berusaha agar Gulen diekstradisi. Pemuka agama itu telah mengasingkan diri di AS selama hampir dua puluh tahun.

Pada Minggu (16/12/2018), Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengklaim bahwa Trump mengatakan kepada Erdogan, dalam pertemuan mereka di Buenos Aires, bahwa Amerika Serikat "sedang mempertimbangkan pengekstradisian Gulen dan orang-orang lainnya."

Trump bulan lalu mengatakan ia tidak mempertimbangkan untuk mengekstradisi sang ulama di tengah perkiraan bahwa ia akan melakukannya sebagai upaya untuk menurunkan tekanan Turki terhadap Arab Saudi menyangkut pembunuhan wartawan Saudi Jamal Khashoggi di Istanbul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement