Presiden Jokowi Tegaskan Negara Indonesia bukan Hanya Pulau Jawa

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait penembakan pekerja Trans Papua, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/12/2018). - ANTARA/Wahyu Putro A
07 Desember 2018 19:17 WIB Amanda Kusumawardhani News Share :

Harianjogja.com, BOGOR - Presiden Joko Widodo kembali menegaskan upaya membangun Indonesia membutuhkan langkah yang besar sebab negara ini merupakan negara yang besar.

Selama ini, Presiden Jokowi mengungkapkan upaya pembangunan pemerintah terkonsentrasi hanya di Pulau Jawa sehingga daerah lainnya menjadi terpinggirkan.

"Bahwa Indonesia bukan hanya disini saja [Pulau Jawa]. Itu yang pemerintah kerjakan 2 tahun ini. Membangun jalan di Papua bukan sesuatu yang mudah dengan keamanan yang belum terjamin. Seperti peristiwa kemarin di Nduga," katanya di Istana Bogor saat menerima Konferensi Mahasiswa Nasional, Jumat (7/12/2018).

Dengan pembangunan yang lambat tersebut, dia mengakui masih banyak ketimpangan baik dari segi infrastruktur, pendidikan, logistik, dan kesehatan antar daerah di Indonesia.

Upaya pembangunan besar-besaran yang dilakukan pemerintah selama empat tahun belakangan merupakan langkah nyata untuk meminimalisir disparitas itu. Tak hanya itu, pemerintah juga sudah menerapkan kebijakan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga supaya masyarakat di Papua misalnya, bisa menikmati apa yang biasa dinikmati masyarakat kebanyakan.

"Oleh sebab itu, 4 tahun ini kita konsentrasi di pembangunan infrastruktur. Tahun selanjutnya pembangunan sumber daya manusia. [Infrastruktur] bukan hanya urusan ekonomi tapi juga mempersatukan. Kalau gak ada konektivitas antar provinsi mana bisa kita bersatu," tekannya.

Sumber : Bisnis.com