Advertisement

Panitia Acara Ceramah Habib Bahar Ikut Diperiksa Polisi

Newswire
Kamis, 06 Desember 2018 - 20:50 WIB
Bhekti Suryani
Panitia Acara Ceramah Habib Bahar Ikut Diperiksa Polisi Bahar bin Smith. - Ist/ YouTube

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Polisi bergerak cepat menangani kasus dugaan ujaran kebencian yang melibatkan penceramah Habib Bahar bin Smith. Sejumlah saksi pun diperiksa.

Polri melakukan pemeriksaan terhadap pihak panitia penyelenggara acara penutupan Maulid Arba'in di Gedung Ba’alawi, Kelurahan Ilir, Ilir Timur Palembang, Sumatera Selatan, yang mengundang pendiri Majelis Pembela Rasullah Habib Bahar bin Smith untuk menyampaikan ceramah.

Advertisement

Menurut Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Syahar Diantono hal tersebut dilakukan untuk memperkuat barang bukti dari kasus dugaan ujaran kebencian terhadap Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) jika melihat serangkaian alat bukti.

"Kemarin ada pemeriksaan tambahan di sumsel Habib Mahdi. Ini adalah yang mengundang HBS melaksanakan ceramah di Palembang," kata Syahar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (6/12/2018).

Sementara itu, Syahar mmenjelaskan, fokus penyidikan perkara Habib berambut pirang ini masih fokus mendalami tindak pidana UU nomor 40 tahun 2008 pasal 16 Jo Pasal 4 W angka 2 tentang pembebasan diskriminasi ras dan etnis.

"Penyidik sudah menemukan alat bukti terkait itu. Arah penyidikan setelah ditemukan alat bukti mengarah ke pidana UU nomor 40," tutur Syahar.

Status perkara yang menjerat Habib Bahar sendiri sudah ditingkatkan ke tahap penyidikan. Terkait hal tersebut, polisi sudah melakukan pemeriksaan terhadap 12 saksi dan empat ahli.

Saat ini, Habib Bahar masih menjalani pemeriksaan perdananya sebagai saksi terlapor di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta Pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kronologi Bocah Hanyut Saat Bermain di Tepian Sungai Oyo

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement