KAI Mulai Operasikan Kereta Komuter Jateng-Jogja 1 Desember

Ilustrasi. - Bisnis Indonesia/Felix Jody Kinarwan
19 November 2018 22:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SEMARANG - Mulai 1 Desember, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero akan mulai mengoperasionalkan kereta api (KA) jenis komuter untuk menghubungkan sejumlah kota di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Saat ini masih kita masih membahasnya. Tapi yang jelas ini memang baru bocoran. Nanti pada 1 Desember akan ada perjalanan KA baru," kata Manager Humas PT KAI Daop 5 Supriyanto, Senin (19/11/2018).

Menurutnya, saat ini masih dilakukan pendalaman mengenai hal-hal teknis, di antaranya jadwal serta rangkaian kereta. Prediksi rangkaiannya, bisa meneruskan KA Kamandaka dengan relasi Purwokerto -Semarang Tawang, atau dapat pula dengan KA baru.

KA tersebut rencananya akan melayani penumpang dengan rute Purwokerto - Tegal - Semarang - Solo - Yogyakarta - Kutoarjo - Kroya - Purwokerto. Meski demikian, belum bisa dipastikan titik pemberangkatan KA komuter berasal dari Purwokerto atau Jogja.

"Kemungkinan akan memakai satu kereta eksekutif dan tujuh premium, tapi itu belum pasti. Masih bisa berubah nanti," tukasnya.

Supriyanto menyampaikan rangkaian KA tersebut akan menjadi sarana angkutan alternatif bagi masyarakat atau penumpang dari kawasan pantai utara, ke wilayah selatan Jateng dan sebaliknya. Tentu ini bakal menunjang beragam kepentingan masyarakat baik pekerjaan, pendidikan, hingga wisata.

"Ini sekaligus untuk masa angkutan Natal dan Tahun Baru. Untuk okupansi KA Kamandaka rata-rata di atas 80%. Jadi peminat penumpang jurusan Purwokerto-Semarang, Purwokerto-Tegal-Semarang, cukup bagus," ujarnya.

Sumber : okezone.com