Advertisement

2 Maskapai Sediakan Layanan Internet di Dalam Pesawat, Aman untuk Penerbangan

Newswire
Rabu, 14 November 2018 - 21:37 WIB
Nina Atmasari
2 Maskapai Sediakan Layanan Internet di Dalam Pesawat, Aman untuk Penerbangan Ilustrasi penumpang boarding. - The Active Times

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Penumpang pesawat terbang bisa memanfaatkan layanan internet. Direktur Utama Mahata Aero Tekhnologi (Mahata) M Fitriansyah mengatakan layanan internet di dalam pesawat aman digunakan di dalam penerbangan.

"Pastinya kami mengikuti peraturan dan perundangan yang berlaku. Tentu saja layanan internet dalam pesawat ini aman digunakan di dalam penerbangan," ujar Fitriansyah dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Advertisement

Dia mengatakan alat yang digunakan untuk menyediakan layanan internet gratis di Garuda Indonesia dan Citilink telah disertifikasi.

Garuda Indonesia Group akan menyediakan layanan internet gratis di dalam pesawat untuk seluruh penerbangan mulai 2019.

Untuk menyediakan fasilitas internet gratis di dalam pesawat , Garuda Indonesia Group akan melengkapi armada pesawatnya dengan layanan GX Aviation Sistem yang merupakan produk dari Inmarsat Aviation, yang memungkinkan penumpang untuk menjelajah internet dan berlayar di media sosial selama penerbangan.

GX Aviation adalah layanan konektivitas nirkabel global berkecepatan tinggi pertama dan satu-satunya di dunia yang dikirimkan melalui jaringan High-Throughput Satellites (HTS).

Layanan konektivititas ini sepenuhnya dimiliki dan dioperasikan oleh Inmarsat bekerjasama dengan Lufthansa Technik sebagai penyedia perangkat keras, teknik, desain, dan sertifikasi untuk proyek tersebut, sementara Lufthansa System sebagai integrasi perangkat lunak.

"Tapi memang layanan internet ini aman digunakan ketika berada di ketinggian 3.000 kaki," jelas dia.

Dia menjelaskan bahwa penumpang harus tetap mematikan ponsel dan menghidupkan mode pesawat. Para penumpang akan diberikan layanan gratis internet hingga 50 Mbps. Jika telah melewati batas maksimum, maka ada opsi yang diberikan.

"Tapi tetap gratis, tidak berbayar," cetus dia.

Direktur Layanan Garuda Indonesia, Nicodemus Panarung Lampe, mengatakan pengguna jasa Garuda Indonesia dan Citilink dapat menikmati layanan akses internet secara cuma-cuma di seluruh penerbangan Citilink dan seluruh penerbangan domestik Garuda Indonesia.

Pada 2013, Garuda Indonesia bekerja sama dengan beberapa penyedia layanan, Garuda Indonesia telah menyediakan layanan wifi pada seluruh armada B777-300ER dan beberapa jajaran armada Airbus A330 Garuda Indonesia yang digunakan untuk melayani rute-rute penerbangan internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement