HARIAN JOGJA HARI INI: Pariwisata Indonesia Favorit Dunia

Harian Jogja Hari Ini edisi 3.665, Rabu Legi (7/11/2018). - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah
07 November 2018 11:17 WIB Kusnul Isti Qomah News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Lonely Planet, penerbit buku panduan perjalanan dan media digital terbesar di dunia, memasukkan Indonesia dalam 10 negara terbaik untuk dikunjungi turis pada 2019. Ini adalah kesempatan bagi DIY untuk meraup keuntungan dari industri pariwisata karena Candi Borobudur termasuk wilayah favorit.

Mengelola Sampah Biar Berkah
Sejumlah negara sudah menerapkan langkah untuk memproses sampah yang dihasilkan penduduk mereka menjadi sumber energi. Bagaimana di Indonesia? Sejumlah daerah sudah berkomitmen mengolah sampah menjadi berkah demi menjaga kelestarian lingkungan hidup. Berikut laporan yang dihimpun wartawan Harian Jogja, Galih Eko Kurniawan, dari berbagai sumber.

Gol Bunuh Diri Bikin Happy
SLEMAN - PSS Sleman berhasil memenuhi ambisinya meraih poin penuh di kandang atas tamunya Madura FC dengan skor 1-0 pada lanjutan babak delapan besar grup B Liga 2 2018 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (6/11) sore.

16 Desa di Bantul Masuk Zona Merah Tanah Longsor
BANTUL—Memasuki musim hujan pada November 2018, sebanyak 16 desa di Bantul ditetapkan sebagai lokasi rawan bencana tanah longsor. Ke-16 desa itu masing-masing tersebar di lima kecamatan yang berbeda.

90% Jip Wisata Merapi Tak Sesuai Standar
SLEMAN—Berdasar hasil uji kelaikan rutin yang digelar Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman, sebanyak 300 unit jip wisata Merapi dinyatakan memenuhi standar. Di sisi lain, Indonesia Offroad Federation (IOF) mengatakan 90% jip wisata Merapi tidak memenuhi standar offroad.

Pajak Jadi Batu Sandungan BUMDes
JOGJA—Para pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di DIY mengaku masih keberatan dengan kewajiban membayar pajak dengan nilai yang menurut mereka tergolong tinggi. Mereka juga mengeluhkan belum diakuinya BUMDes sebagai lembaga berbadan hukum sehingga menyulitkan mereka untuk bekerja sama dengan pihak luar.

Kartu Tani Tak Berfungsi
NGLIPAR–Program kartu tani yang digerakan pemerintah hingga sekarang belum berjalan di Gunungkidul. Hal ini berdampak terhadap penyaluran pupuk bersubsidi karena menggunakan cara yang lama.

PT SAK Mulai Produksi BetonKu
SENTOLO—Pemkab Kulonprogo melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Selo Adikarto (SAK) bekerja sama dengan PT Great Blue Whale (GBW) mendirikan pabrik batching plant berlokasi di Dusun Dlaban, Desa Sentolo, Kecamatan Sentolo. Pabrik batching plant kerja sama operasi (KSO) antara PT SAK dan PT GBW tersebut diresmikan Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, Selasa (6/11).

Penerapan HOTS Jangan Hanya Saat Tes
JOGJA-Penerapan Higher Order Thinking Skills (HOTS) atau keterampilan berpikir tingkat tinggi sudah waktunya diterapkan pada metode pembelajaran sehari-hari dan tidak hanya saat ujian nasional. HOTS yang dibiasakan di kelas diyakini mampu meningkatkan kemampuan siswa berpikir kritis dan analitis.

Penguatan Rupiah Hanya Sementara
JAKARTA—Penguatan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat lebih dari 2,5% dalam sepekan terakhir tidak mencerminkan pergerakan sampai dengan akhir tahun.

Hati-Hati Beli Vespa Lawas
JOGJA—Motor lawas, salah satunya Vespa masih digandrungi berbagai generasi hingga kini, baik anak muda hingga orang tua. Penjual Vespa pun bermunculan, terutama melalui media sosial. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli Vespa, apalagi jika mengetahuinya lewat daring.

Lebih lengkap Anda dapat membaca Harian Jogja dalam versi cetak. Dapatkan Harian Jogja dengan harga Rp3.000 di agen terdekat.
Anda juga dapat membaca Harian Jogja dalam versi digital melalui epaper.harianjogja.com.
Selamat membaca.
Harian Jogja, Berbudaya, Membangun Kemandirian.