Advertisement

HARIAN JOGJA HARI INI: Warisan Budaya Tak Cukup Didata

Kusnul Isti Qomah
Selasa, 23 Oktober 2018 - 10:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
HARIAN JOGJA HARI INI: Warisan Budaya Tak Cukup Didata Harian Jogja Hari Ini edisi 3.650, Selasa Legi (23 Oktober 2018). - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 91 ekspresi maupun keterampilan hidup di masyarakat DIY sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda dan mendapat sertifikat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendataan saja tak cukup karena warisan itu butuh sokongan besar agar bisa langgeng.

Asia Tenggara Paling Merana
Studi teranyar mengungkap adanya potensi lonjakan angka kematian akibat gelombang panas di Asia Tenggara jika tren pemanasan global berlanjut seperti saat ini. Ilmuwan mewanti-wanti manusia mulai kehabisan waktu buat bertindak. Berikut laporan yang dihimpun wartawan Harian Jogja, Galih Eko Kurniawan, dari berbagai sumber.

Advertisement

Andalkan Serangan Balik
SERUI-PS Tira dipastikan akan mengandalkan counter attack atau serangan balik saat dijamu oleh Perseru Serui di Stadion Marora, Serui, Rabu (24/10).

Pelamar Bidan Membeludak
JOGJA—Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemkot Jogja untuk formasi kebidanan membeludak. Dari total kuota kebutuhan bidan yang hanya 19 orang, jumlah pelamar yang lulus administrasi mencapai 1.052 orang.

Pedagang Ngeyel Mulai Ditertibkan
SLEMAN—Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sleman menertibkan puluhan pedagang yang berjualan di badan jalan depan Pasar Prambanan, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan. Sebelumnya pedagang di Pasar Prambanan sudah mempunyai kavling untuk berjualan di dalam pasar, namun lantaran sepi, pedagang memilih berjualan di badan jalan.

Warga Patuk Wadul ke ORI
JOGJA—Polemik tanah magersari antara warga Patuk, Dipoyudan, Kecamatan Ngampilan dan Korem 072 Pamungkas memasuki babak baru. Setelah beberapa waktu lalu warga melaporkan eksekusi tiga rumah yang dilakukan oleh Korem ke meja Denpom dan PN Jogja, kali ini warga mengadukan masalah itu ke Ombudsman Indonesia (ORI) DIY.

269 Pelamar Dicoret
WONOSARI—Seleksi administrasi rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) Gunungkidul sudah diumumkan. Hasilnya, sebanyak 269 pelamar dicoret setelah tidak lolos seleksi administrasi.

Kulonprogo Masih Kekurangan Guru Kelas SD
WATES—Lowongan guru kelas sekolah dasar (SD) dalam CPNS 2018 belum bisa memenuhi kebutuhan guru kelas di Kulonprogo. Dari seluruh formasi guru yang disediakan dalam rekrutmen tersebut baru bisa mengisi setengah dari guru kelas berstatus PNS yang dibutuhkan.

Seleksi 2019 Bakal Melalui LTMPT
JAKARTA - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menetapkan kebijakan terkait Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) 2019.

Kontribusi BPD Masih Minim
JAKARTA—Bank Pembangunan Daerah masih berkontribusi sangat kecil dalam menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) di daera masing-masing. Berdasar data realisasi penyaluran KUR di laman resmi Kredit Usaha Rakyat, BPD baru menyalurkan plafon sebesar 3,54% kepada 0,92% debitur dari total penyaluran KUR secara nasional.

Ekonomi DIY Unik, Maju Tanpa Tinggalkan Tradisi
Puluhan tahun berkarier di bidang Moneter Ekonomi di Bank Indonesia, Deputy Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) DIY Sri Fitriani tertantang untuk melihat bagaimana roda ekonomi DIY tumbuh. Rasa ingin tahu yang kuat Fifin, demikian biasa dia disapa, bagaimana pendidikan, budaya dan pariwisata menggerakkan ekonomi DIY tanpa meninggalkan tradisi dan kearifan lokal yang telah ada di Jogja. Berikut laporan wartawan Harian Jogja Holy Kartika N.S.

Lebih lengkap Anda dapat membaca Harian Jogja dalam versi cetak. Dapatkan Harian Jogja dengan harga Rp3.000 di agen terdekat.
Anda juga dapat membaca Harian Jogja dalam versi digital melalui epaper.harianjogja.com.
Selamat membaca.
Harian Jogja, Berbudaya, Membangun Kemandirian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute, Tarif dan Jalur Bus Trans Jogja, Yuk Cek di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement