Advertisement

Tol Jogja-Solo Mulai Dibangun Tahun Depan

Rivki Maulana
Selasa, 21 Agustus 2018 - 12:45 WIB
Budi Cahyana
Tol Jogja-Solo Mulai Dibangun Tahun Depan Ilustrasi: Jalan tol Solo-Ngawi - Istimewa/PT Jasamarga Solo Ngawi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PT Adhi Karya (Persero) Tbk. menargetkan bisa memulai konstruksi proyek jalan tol Jogja-Solo pada tahun depan.

BUMN berkode saham ADHI itu bakal berkongsi dengan Grup Gama untuk menggarap ruas yang ditaksir menghabiskan investasi Rp19 triliun tersebut.

Advertisement

Direktur Utama ADHI Budi Harto mengatakan bahwa jalan tol Jogja-Solo akan menjadi tonggak baru perseroan dalam bisnis jalan tol.

Pasalnya, selama ini perseroan belum pernah berkecimpung secara signifikan dalam investasi jalan tol.

Berdasarkan laporan keuangan ADHI, sejauh ini perseroan tercatat berpartisipasi dalam ruas tol Bali Mandara dengan porsi hanya 2%.

Budi menuturkan bahwa di ruas Jogja-Solo, perusahaan menguasai 40% saham, sedangkan 60% berasal dari partisipasi Grup Gama dan perusahaan swasta lainnya.

Grup Gama berkiprah di bisnis properti lewat entitas Gamaland. Grup ini dimiliki Ganda dan Martua Sitorus, pemilik Grup Wilmar.

"Kami sudah mengajukan diri sebagai pemrakarsa bersama Gama Group dan DMT [Daya Mulia Turangga]. Kami berharap tahun ini bisa dilelang sehingga tahun depan sudah bisa konstruksi fisik," ujarnya, Senin (20/8/2018).

Beberapa waktu lalu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Pemda DIY sepakat untuk membuat konstruksi tol layang di ruas tol Jogja-Solo yang melewati wilayah DIY. Cara ini ditempuh untuk melindungi banyakna benda warisan budaya yang diduga masih tertimbun di kawasan Prambanan. Tol layang juga akan meminimalkan pembebasan lahan sehingga ongkos sosial bisa ditekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Wanita Berkebaya Gelar Aksi dengan Mata Tertutup di Tugu Jogja, Merespons Jelang Pembacaan Putusan MK

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement