Advertisement

Sultan HB X Terima Anugerah Budhipura di Bidang Inovasi, Apa Itu?

Newswire
Jum'at, 10 Agustus 2018 - 15:05 WIB
Anton Wahyu Prihartono
Sultan HB X Terima Anugerah Budhipura di Bidang Inovasi, Apa Itu? Sri Sultan HB X. - dokumentasi

Advertisement

Harianjogja.com, PEKANBARU-Pemda DI Yogyakarta menorehkan prestasi di bidang iptek dan inovasi. DIY meraih penghargaan kategori Anugerah Budhipura dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Penyerahan diserahkan oleh Menristek Dikti Mohamad Nasir dan diterima langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Penyerahan penghargaan kepada pemenang Anugerah Iptek dan Inovasi 2018 diserahkan pada puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional Ke-23 di Kota Pekanbaru, Jumat (10/8). Penghargaan Anugerah Budhipura merupakan bentuk untuk mengapresiasi prestasi pemerintah provinsi atas penguatan sistem inovasi daerah.

Advertisement

Pemerintah Kota Magelang mendapat penghargaan untuk kategori Anugerah Budhipraja. Penghargaan itu untuk mengapresiasi prestasi pemerintah kabupaten/kota dalam penguatan sistem inovasi daerah. Pemenang ketiga yakni kategori Anugerah Widyapadhi untuk mengapresiasi prestasi perguruan tinggi dalam membangun sistem inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi guna menghasilkan produk inovasi. Penerima penghargaan itu Institut Pertanian Bogor (IPB).

Untuk kategori Anugerah Abyudaya, penerimanya PT Industri Kereta Api (Inka). Penghargaan itu untuk mengapresiasi prestasi industri dalam pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan serta membangun sistem inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi. Masih ada beberapa kategori penghargaan lain.

“Kita memasuki era Industri 4.0, sangat tergantung kepada kemampuan sumber daya manusia dalam menguasai dan memanfaatkan iptek dan inovasi," kata Menristekdikti Mohamad Nasir.

Dia mengatakan untuk menata proses transformasi struktur ekonomi Indonesia ke arah industri berteknologi tinggi, maka inovasi menjadi kata kunci untuk seluruh aktivitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Transformasi Digital UMKM, Diskominfo DIY Gelar Pelatihan E-Business

Bantul
| Kamis, 18 April 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement