Advertisement

Kapal Satya Kencana Terbakar, Tim SAR Sebut Ada 1 Korban Tewas

Newswire
Sabtu, 04 Agustus 2018 - 17:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Kapal Satya Kencana Terbakar, Tim SAR Sebut Ada 1 Korban Tewas Ilustrasi kapal terbakar. - Antara/MN Kanwa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Kantor SAR Banjarmasin menyatakan ada satu penumpang korban meninggal dunia akibat terbakarnya kapal KM Satya Kencana IX yang berlayar dari Pelabuhan Surabaya menuju Banjarmasin, Sabtu (4/8/2018) pagi.

"Sampai saat ini info yang kami terima dari lapangan seluruh penumpang 225 orang sudah dievakuasi. Sebanyak 224 orang dalam keadaan selamat, satu orang meninggal dunia," kata Kepala Sub Seksi Sumber Daya Kantor SAR Banjarmasin Endrow Sasmita saat dihubungi Antara di Jakarta, Sabtu.

Advertisement

Endrow merinci jumlah penumpang seluruhnya ada 225 orang, terdiri dari 178 penumpang dan 47 orang ABK. Jumlah penumpang ini merupakan informasi valid dari manifestasi penumpang KM Satya Kencana.

Saat ini seluruh korban sudah dievakuasi menggunakan KM Niki Sae yang membawa 141 orang dan kapal KM Kumala yang membawa 84 orang.

Ada pun penumpang yang meninggal dunia telah dievakuasi di KM Niki Sae. Kedua kapal tersebut saat ini dalam perjalanan menuju Posko yang berada di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Junaidi dalam keterangan resmi mengatakan saat ini KM Niki Sae sudah bergerak menuju Pelabuhan Trisakti dengan waktu perkiraan tiba pukul 18.00 Wita.

Ada pun Kapal KM Satya Kencana IX dengan rute Surabaya menuju Banjarmasin, sebelumnya dilaporkan terbakar pada posisi atau sekitar 54 mil Barat Daya Tanjung Selatan Kalimantan Selatan pada Sabtu (4/8/2018) pukul 05.35 Wita.

Stasiun Radio Pantai (SROP) Banjarmasin melaporkan ada informasi dari kapal KM Niki Sae bahwa pada Sabtu (4/8) pukul 05.35 WIB, KM Niki Sae ada komunikasi dengan kapal KM Satya Kencana IX yang mengalami musibah kebakaran pada posisi 04-43.67 LS/ 113-57.81 BT sekitar 54 mil Barat Daya Tanjung Selatan.

Junaidi menjelaskan bahwa proses evakuasi penumpang dilakukan oleh Kapal KM Niki Sae, KM Kumala dan Tug Boat Bina Marine 97 yang berada di sekitar lokasi terbakarnya kapal KM. Satya Kencana IX tersebut.

KM Satya Kencana IX merupakan kapal jenis Ro-Ro milik PT Dharma Lautan Utama tersebut memiliki berat GT 11.657.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement