HARIAN JOGJA HARI INI: 78.065 Siswa Pakai SKTM Abal-Abal

Harian Jogja Hari Ini edisi 3.549, Rabu Pahing (11/7/2018). - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah
11 Juli 2018 12:37 WIB Kusnul Isti Qomah News Share :

Harianjogja.com, SEMARANG—Sedikitnya 78.065 siswa atau 52,43% dari jumlah siswa yang menggunakan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK di Jawa Tengah tidak lolos verifikasi.

Rekayasa Menjaga Spesies Langka
Ahli zoologi Berlin, Jerman sukses merekayasa embrio badak hidup dari sperma badak putih utara. Terobosan ini memupuk harapan upaya menyelamatkan spesies langka yang hampir punah ini. Berikut laporan yang dihimpun wartawan Harian Jogja, Galih Eko Kurniawan, dari berbagai sumber.

Aturan Sempadan, Sungai Jadi Syarat
JOGJA—Masyarakat yang hendak memanfaatkan tanah Kasultanan atau Sultan Grond (SG) dan Tanah Kadipaten atau Pakualaman Grond (PAG) yang berada di sempadan sungai, mulai tahun ini harus menyertakan rekomendasi dari Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO).

Raperda Parkir Harus Selesai Tahun Ini
UMBULHARJO—Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perparkiran belum juga dibahas. Padahal saat ini masalah parkir di Kota Jogja terbilang karut marut.

Jelang Penutupan Hanya Ada 7 Pendaftar
SLEMAN—Masa pendaftaran calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat kabupaten/kota di DIY periode 2018-2023 akan berakhir Kamis (12/7). Namun hingga Selasa (10/7) jumlah pendaftar untuk calon anggota KPU Sleman baru tujuh orang dari ketentuan minimal 40 orang.

Mantan Terpidana Korupsi Jadi Bacaleg
BANTUL – Dua mantan terpidana kasus korupsi di Bantul akan didaftarkan dalam perebutan kursi DPRD di Pemilu 2019. Rencananya dua bacaleg ini akan mendaftar melalui PKB dan Nasdem.

Warga Turus Andalkan Sumur Gedhe
NANGGULAN—Warga Dusun Turus, Desa Tanjungharjo, Kecamatan Nanggulan, terbantu dengan adanya Sumur Gedhe yang masih bisa mencukupi kebutuhan air bersih saat musim kemarau seperti saat ini.

Sugito Terdepan Pengganti Suharno
WONOSARI—PDIP mulai mengerucutkan nama yang akan menggantikan Suharno untuk duduk di kursi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Gunungkidul menyusul pengunduran diri Suharno.

Anak Pintar Harus Ada di Setiap Sekolah
JAKARTA-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan penyebaran anak-anak pintar di sekolah-sekolah sangat penting. Dikotomi antara sekolah unggulan dan tidak unggulan harus mulai dihapus.

Penurunan PPh Final Hanya Stimulus
JOGJA—Ekonom menilai penurunan pajak penghasilan (PPh) final untuk UMKM sebesar 0,5% hanyalah stimulus yang diberikan oleh pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Sedangkan tindak lanjut pelaksanaannya diserahkan kepada para pelaku UMKM.

Xpander Kuasai Pasar, Ertiga Tumbuh Signifikan
JOGJA—Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) per Mei 2018, penjualan kendaraan secara wholesales untuk segmen low multi purpose vehicle (low MPV) dikuasai oleh Mitsubishi Xpander. Disusul oleh Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, dan Honda Mobilio.