CPNS 2018: Catat, Pendaftaran Hanya Bisa Dilakukan di Situs dan Link Ini

Peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar dengan Sistem Computer Assisted Test (CAT) CPNS Kementerian Hukum dan HAM 2017 kualifikasi pendidikan SMA/sederajat di Kantor Regional I BKN Yogyakarta Sleman, DI Yogyakarta, Kamis (28/9). - ANTARA/Andreas Fitri Atmoko
06 Juli 2018 18:50 WIB Yusran Yunus News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Prosedur seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ke depan akan semakin canggih. Pendaftaran CPNS hanya bisa dilakukan melalui satu situs milik BKN.

Pendaftaran CPNS pada 2018 ini akan dilakukan secara terpusat di portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) atau di https://sscn.bkn.go.id/. Jadi nantinya pendaftaran hanya dapat dilakukan melalui portal SSCN tersebut.

Lantaran belum diaktifkan, jika Anda membuka portal tersebut saat ini,  akan muncul tulisan, "Portal SSCN saat ini belum dapat diakses sampai pengumuman resmi dari Pemerintah terkait penerimaan CPNS 2018. Info lebih lanjut dapat dilihat di Portal BKN yaitu www.bkn.go.id '

Pendaftaran CPNS secara terintegrasi ini akan menjadi topik bahasan khusus dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Indonesia Convention Exchibition (ICE) BSD Tangerang pada 11 Juli 2018.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Mohammad Ridwan mengatakan salah satu alasan diangkatnya isu tersebut adalah agar publik semakin tahu mengenai seleksi CPNS yang kini semakin profesional, transparan dan obyektif sebagai bukti komitmen mewujudkan kinerja birokrasi yang lebih baik.

"BKN selaku Ketua pelaksana kegiatan penyelenggaraan rekrutmen CPNS tahun 2018 akan menggunakan sistem seleksi CPNS terintegrasi  yang akan memangkas alur penyelenggaraan seleksi. Salah satunya dalam mekanisme pendaftaran," kata Mohammad Ridwan dalam pernyataan resminya Jumat (6/7/2018).

Dia menjelaskan dalam pelaksanan seleksi hanya akan digunakan satu sistem seleksi yakni Computer Assissted Test (CAT-BKN), yang dari hari ke hari semakin memikat kepercayaan publik karena obyektivitas dan transparansi, yang dapat dibuktikan dalam penyelenggaraan seleksi yang difasilitasinya selama ini.

Beberapa isu lain yang akan diangkat dalam Rakornas Kepegawaian 2018 yakni Grand Design Pengelolaan Human Capital Aparatur Sipil Negara Menuju World Class Aparatur Sipil Negara yang akan disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur.

Kemudian,  Singapore Experiences in Managing Human Capital to be World Class Civil Service yang akan dipaparkan oleh Lim Soo Hoon dari Public Service Division (PSD) Singapore, Trend Industri Kreatif dalam Era Industri 4.0 yang akan disampaikan oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Dalam kesempatan tersebut juga akan disampaikan BKN Award bagi para Instansi Pengelola Kepegawaian terbaik sapanjang tahun 2017.

Sumber : Bisnis Indonesia