Advertisement

PILKADA JATENG: Pantau Real Count Versi KPU Jateng di Sini

Imam Yuda Saputra
Rabu, 27 Juni 2018 - 10:27 WIB
Nina Atmasari
PILKADA JATENG: Pantau Real Count Versi KPU Jateng di Sini Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo (kedua dari kanan), saat sosialisasi terkait Pilgub Jateng di Hotel Gets, Semarang, Selasa (26/6/2018). (Solopos - Imam Yuda S.)

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) menggelar pemilihan gubernur dan Wakil Gubernur hari ini, Rabu (27/6/2018). Hasil pemungutan suara bakal dilakukan penghitungan atau real count sekitar pukul 15.00 WIB atau 3 sore.

Komisioner KPU Jateng, Ikhwanuddin, mengatakan proses pemungutan suara di tiap TPS se-Jateng bakal dimulai pukul 07.00-13.00 WIB.

Advertisement

“Proses penghitungan suara langsung dilakukan tiap TPS dengan menggunakan formulir C dan C1. Formulir itu nanti diserahkan panitia TPS secara berjenjang [melalui kelurahan dan kecamatan] kepada KPU setempat. Dari KPU sudah menyiapkan operator untuk melakukan penghitungan melalui aplikasi Sistem Informasi Penghitungan (Situng),” jelas Ikhwanuddin saat dijumpai Semarangpos.com, jaringan Harianjogja.com di Kantor KPU Jateng, Jl. Veteran 1A, Kota Semarang, Selasa (26/6/2018).

Ikhwanuddin optimistis proses penghitungan melalui aplikasi Situng bisa dimulai pukul 15.00 WIB. Ia pun meminta masyarakat yang ingin mengetahui hasil penghitungan suara dari KPU itu bisa mengakses di Laman infopilkada.kpu.go.id.

“Prosesnya cukup cepat kok. Soalnya nanti formulir C dan C1 di tiap TPS langsung kita scan dan dikirim ke operator untuk langsung diunggah, supaya masyarakat bisa mengikuti perkembangan penghitungan suara secara up to date,” imbuh Ikhwanuddin.

Ikhwanuddin menambahkan meski melakukan penghitungan suara secara real time, KPU tetap akan melakukan rekapitulasi hasil pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng pada Kamis (28/6/2018).

Terpisah, Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo, berharap tidak ada permasalahan teknis yang mengganggu proses penghitungan secara real time melalui aplikasi Situng. Ia pun menargetkan proses real count oleh Situng itu bakal selesai pada hari yang sama dengan hari pemungutan suara, sekitar pukul 24.00 WIB.

“Insya Allah, selama ini Situng belum pernah punya pengalaman down, karena data yang diunggah masuknya satu per satu. Insya Allah akurasinya 99%,” terang Joko.

Selain Situng, proses penghitungan suara secara cepat juga bakal digelar 9 lembaga pelaksana survei atau jajak pendapat. Kesembilan lembaga itu, yakni Indo Barometer, Saiful Mujani Research and Consulting, Raka Institute, Pandawa Research, MNC Televisi Network, Kompas Media Nusantara, Indikator Politik Indonesia, Lingkaran Survei Kebijakan Publik, dan Indonesia Political Marketing (Polmark). 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement