Advertisement

7 Rumah di Konawe Utara Hanyut Diterjang Banjir Bandang

Newswire
Selasa, 22 Mei 2018 - 20:43 WIB
Kusnul Isti Qomah
7 Rumah di Konawe Utara Hanyut Diterjang Banjir Bandang Banjir. - Ist/Basarnas Kendari via Okezone

Advertisement

Harianjogja.com, KONAWE UTARA - Banjir bandang melanda Desa Tambakua, Kecamatan Landawe dan Desa Polora Indah, Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (22/5/2018). Tujuh rumah dilaporkan hanyut.

Warga yang rumahnya hanyut, berteriak histeris di daerah ketinggian, mereka tidak bisa berbuat banyak, lantaran arus banjir cukup deras.

Advertisement

Air bah mulai masuk permukiman warga, sekira pukul 05.58 Wita, dan ketinggian air mencapai lima hingga 10 meter, pada pukul 10.00 Wita.

Untungnya, sejumlah warga terdampak banjir, telah memindahkan barang-barang mereka ke rumah sanak keluarga berada di ketinggian.

Banjir, juga melumpuhkan aktivitas lalu lintas jalan transulawesi, di Kecamatan Langgikima, menghubungkan Sulawesi Tenggara dengan Sulawesi Tengah.

Meluapnya Air sungai matabenua, di Konut, lantaran tidak mampu menahan debit air, setelah guyuran hujan deras sejak Minggu 20 Mei hingga Selasa (22/05/2018), menjadi penyebab terjadinya banjir bandang di Desa Tambakua, Kecamatan Landawe dan Desa Polora Indah, Kecamatan Langgikima.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir bandang ini. Kantor SAR Kendari, telah menerjunkan 10 personelnya di lokasi kejadian beserta peralatan pertolongan, yang dibutuhkan warga di lokasi banjir.

“Hingga Pukul 17.50 Wita, hasil pemantauan dari tim yangg di lapangan, debit air belum juga surut, tim rescue Basarnas Kendari, masih di standby kan di posko utama Desa Polaaro, Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe Utara” jelas Wahyudi, Humas Kantor SAR Kendari.

Hingga saat ini, warga di dua desa, Kecamatan Landawe dan Langgikima, masih siaga, sebab guyuran hujan hingga selasa malam, masih terus terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo-Jogja, Berangkat dari Palur Rabu 24 April 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement