Advertisement

Hujan Abu Terjadi di Lereng Barat Gunung Merapi, Kawasan Srumbung

Nina Atmasari
Senin, 21 Mei 2018 - 06:14 WIB
Nina Atmasari
Hujan Abu Terjadi di Lereng Barat Gunung Merapi, Kawasan Srumbung Hujan abu dilaporkan terjadi di Kali Bebeng, Cawang Kulon, Kemiren, Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. - Istimewa/twitter @BPPTKG

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG- Hujan abu dari Gunung Merapi terjadi di wilayah Barat gunung api tersebut sebagai dampak letusan freatik yang terjadi pada Senin (21/5/2018) dini hari.

Informasi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), hujan abu dilaporkan terjadi di Kali Bebeng, Cawang Kulon, Kemiren, Srumbung, Kabupaten Magelang, yang berada di sisi barat Puncak Merapi.

Advertisement

BPPTKG melalui akun twitter resmi mereka @BPPTKG juga menyebutkan hujan abu juga terjadi di Kradenan, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang  yang merupakan sisi barat daya Merapi. Kawasan tersebut mengalami hujan abu tipis pada Senin pagi

Meski terjadi letusan freatik, BPPTKG mengimbau warga untuk tidak panik. "Masyarakat untuk tidak panik dan beraktifitas seperti biasa serta mengantisipasi hujan abu di sekitar Merapi," demikian tweet @BPPTKG.

BPPTKG juga mengimbau warga untuk menggunakan masker dan kacamata untuk mengantisipasi hujan abu tipis lagi ini.

Meski terjadi letusan freatik hingga dua kali, Gunung Merapi hingga Senin pagi masih dalam status normal.

Gunung Merapi mengalami letusan freatik pada Senin (21/5/2018) dini hari pukul 01.25 WIB dan mengeluarkan embusan selama 19 menit dengan ketinggian asap 700 meter. Embusan asap ini terlihat dari pos pengamatan Gunung Merapi di Babadan Srumbung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Aksi Donor Darah di Wilayah DIY Hari Ini, Selasa 19 Maret 2024

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement