Advertisement

Raja Salman Dukung Hak Rakyat Palestina Atas Negara Independen

Annisa Margrit
Rabu, 04 April 2018 - 11:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Raja Salman Dukung Hak Rakyat Palestina Atas Negara Independen Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud melambaikan tangan sebelum masuk ke dalam pesawat yang membawanya meninggalkan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Minggu (12/3/2017). - Bisnis/Feri Kristianto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Raja Salman mendukung hak rakyat Palestina atas negara independen. Ia menegaskan kembali dukungan Arab Saudi terhadap Palestina usai sang anak menyatakan Israel berhak untuk tinggal di tanak mereka dengan damai.

"Kerajaan Arab Saudi tetap mendukung Palestina dan hak rakyat Palestina atas negara independen, dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya," demikian disampaikan Raja Salman, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (4/4/2018).

Advertisement

Pada Senin (2/4), dia juga menelepon langsung Presiden AS Donald Trump untuk mendorong percepatan proses perdamaian di kawasan tersebut. Kontak langsung itu dilakukan setelah tentara Israel membunuh 16 orang warga Palestina yang melakukan aksi unjuk rasa di Gaza.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyampaikan terima kasihnya atas dukungan tersebut.

"Presiden Abbas berterima kasih atas dukungan terhadap rakyat Palestina, isu mengenai Palestina dan Yerusalem," demikian pernyataan resminya seperti dilansir oleh kantor berita WAFA.

Pernyataan Raja Salman ini dilakukan setelah Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman mengatakan kepada majalah The Atlantic bahwa dia meyakini Yahudi memiliki hak untuk membangun negara di tanah nenek moyangnya, meski hanya sebagian.

"Saya percaya rakyat Palestina dan Israel memiliki hak atas tanah mereka masing-masing. Tetapi, kita harus melakukan kesepakatan perdamaian untuk memastikan terjadi stabilitas bagi semua orang dan memiliki hubungan yang normal," paparnya.

Meningkatnya ketegangan antara Arab Saudi dan Iran memunculkan spekulasi bahwa Arab Saudi dan Israel mulai bergerak bersama melawan ancaman dari Teheran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Reuters

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement