Advertisement

SETARA Institute Ungkap 130 Masalah di Tubuh Polri

Anshary Madya Sukma
Rabu, 09 Oktober 2024 - 20:57 WIB
Arief Junianto
SETARA Institute Ungkap 130 Masalah di Tubuh Polri Ketua Badan Pengurus SETARA Institute, Ismail Hasani. - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Dalam hasil risetnya, SETARA Institute menemukan 130 masalah yang ada tubuh Polri.

Ketua Badan Pengurus SETARA Institute, Ismail Hasani mengatakan riset itu dibuat untuk membantu Polri dalam menghadapi tantangan menuju Indonesia Emas 2045.  "Riset ini mencatat 130 masalah aktual yang mengemuka dan melekat dalam tubuh Polri dan tersebar pada hampir seluruh Satuan Kerja dan pada seluruh mandat konstitusional Polri," ujarnya di Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Advertisement

Dia menambahkan 130 masalah itu kemudian diangkat dalam 12 tema besar yang menuntut Polri agar bisa memenuhi mandat konstitusional dan legal serta aspirasi masyarakat.

Persoalan itu mencakup kondisi Polri saat menghadapi tantangan penegakan hukum yang dinilai belum demokratis; keterbatasan integritas; pelayanan publik yang belum responsif. "Jugatata kelola kelembagaan yang belum transformatif, sehingga reformasi Polri saat ini belum menunjukan perubahan signifikan," ujar dia.

Dengan demikian, Ismail menyampaikan bahwa pihaknya telah mengumpulkan 50 aksi atau rekomendasi agenda yang bisa diaplikasikan Polri dalam membenahi ratusan permasalahan itu. "Sebanyak 50 aksi strategis ini bukan hanya ditujukan untuk menjawab 130 masalah yang mengemuka dan rendahnya penilaian ahli pada kinerja aktual Polri, tetapi yang utama adalah guna memperkuat kontribusi institusi Polri mendukung gagasan Indonesia Emas 2045," kata dia.

BACA JUGA: Satlantas Polresta Sleman Bikin Inovasi Sigap untuk Tertib Berlalulintas

Sementara itu, Kabag Jakstra Rojianstra Srena, Kombes Benny Iskandar mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi temuan 130 masalah dari hasil SETARA Institute agar bisa membuat Polri menjadi berkembang lebih baik.

"Artinya, apa yang disampaikan oleh SETARA tadi dengan 130 permasalahan Polri, saya rasa itu merupakan capaian yang luar biasa, untuk kita nanti bersama SETARA bisa mem-breakdown 130 permasalahan itu bagaimana pengklasterannya," ujar Benny di Jakarta.

Dia juga menekankan bahwa Polri bukan institusi yang antrikritik dan selalu beradaptasi dengan perkembangan zaman termasuk dengan terkait persoalan yang ada. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

BEDAH BUKU: Warga Gamping Diajak Belajar Menjaga Keharmonisan Keluarga

Sleman
| Rabu, 09 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Bikin Seru Staycation Anda di Oktofest Super Sale Hotel Grand Rohan Jogja

Wisata
| Senin, 07 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement