Advertisement

Gibran Tegaskan Tetap Dilibatkan dalam Penyusunan Kabinet

Anshary Madya Sukma
Rabu, 09 Oktober 2024 - 16:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Gibran Tegaskan Tetap Dilibatkan dalam Penyusunan Kabinet Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka menyampaikan keterangan pers seusai Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu Tahun 2024 di Jakarta, Rabu (24/4/2024). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Dalam penyusunan kabinet, Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka mengaku tetap dilibatkan.

Hal itu juga membantah rumor jika dirinya keretakan hubungannya dengan presiden terpilih, Prabowo Subianto. "[Penyusunan kabinet] hampir 100%," ujarnya di Jakarta dikutip dari Bisnis.com, Rabu (9/10/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Cek Fakta: Gibran Mundur sebagai Wakil Presiden Terpilih

Hanya saja, Gibran enggan untuk menjelaskan secara detail susunan kabinet tersebut dan meminta seluruh pihak agar menunggu pengumuman dari Prabowo. "Nanti ya biar diumumkan Pak Presiden terpilih," tambahnya.

Adapun Gibran kembali muncul ke publik setelah beberapa waktu tidak menampakkan diri. Kemunculan Gibran terjadi pasca makan malam antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto pada Selasa malam kemarin.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak campur tangan mengenai nama-nama calon menteri yang akan dipilih pada kabinet Presiden terpilih periode 2024—2029 Prabowo Subianto.

Orang nomor satu di Indonesia itu menekankan bahwa keputusan kabinet murni merupakan hak penuh dari pemerintah ke depan.

“Mengenai kabinet itu hak, 100% hak prerogatif presiden,” ujarnya kepada wartawan dalam upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tahun 2024, Jakarta, Sabtu (5/10/2024).

BACA JUGA: Gibran Pantau Uji Coba Makan Siang Bergizi Gratis di SMA 70 Jakarta Selatan

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Dia mengatakan sejauh ini Jokowi dan Prabowo tidak pernah membicarakan hal terkait kabinet mendatang.

Sebab, kata Dasco prinsipnya penyusunan kabinet merupakan hak prerogatif Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

“Sampai dengan hari ini tidak pernah Pak Jokowi atau Pak Prabowo membicarakan kabinet. Karena pada prinsipnya Pak Jokowi memberikan hak prerogatif itu kepada Pak Prabowo sebagai presiden terpilih,” tutur Dasco.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Meski Dilarang, Warga Bantul Ada yang Masih Pelihara Ikan Invasif, Berikut Daftar Sanksinya!

Bantul
| Rabu, 09 Oktober 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Bikin Seru Staycation Anda di Oktofest Super Sale Hotel Grand Rohan Jogja

Wisata
| Senin, 07 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement