Advertisement

Puan Maharani Berpotensi Kembali Menjadi Ketua DPR RI 2024-2029

Newswire
Selasa, 01 Oktober 2024 - 10:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Puan Maharani Berpotensi Kembali Menjadi Ketua DPR RI 2024-2029 Puan Maharani / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Ketua DPR RI Puan Maharani berpeluang besar akan kembali memimpin DPR RI untuk masa jabatan 2024-2029.

Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah mengatakan partainya akan mengusulkan Puan sebagai pimpinan DPR RI sebagaimana ketentuan Undang-Undang (UU) tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) yang berlaku saat ini.

Advertisement

"Dari PDIP sesuai dengan UU MD3 Insya Allah kalau tidak ada aral, tidak ada halangan, tidak ada hambatan Mbak Puan Maharani untuk kedua kalinya memimpin DPR RI," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

BACA JUGA: Polisi Siagakan 5.600 Personel Amankan Pelantikan DPR RI 1 Oktober 2024

Dia lantas membeberkan pimpinan DPR RI dari fraksi partai politik lainnya yang kemungkinan akan memimpin DPR RI periode 2024-2029, di antaranya dari Partai Gerindra yakni Sufmi Dasco Ahmad yang juga merupakan Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024.

"Golkar nampaknya menurut hemat saya yang saya dengar Adies Kadir, dari NasDem saya dengar juga ada Saan Mustopa, dan dari PKB mantan Ketua Komisi VI adinda Riza (Faisol Riza)," ucapnya.

Dia juga memprediksi Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani yang akan mengisi kursi Ketua MPR RI. "Kalau dari pandangan PDIP yang paling pas Pak Muzani," ujarnya.

Dia pun mengaku belum tahu apakah akan kembali memimpin alat kelengkapan dewan (AKD) di DPR RI sebagai Ketua Badan Anggaran (Bangga) DPR RI. "Belum lah terlalu jauh ini baru awal pasti pimpinan DPR dulu," kata dia.

Puan Maharani adalah salah satu tokoh perempuan yang memiliki pengaruh besar dalam dunia politik Indonesia. Memiliki nama lengkap Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi, ia lahir di Jakarta pada tanggal 6 September 1973 dan merupakan putri dari Presiden ke-5, Megawati Soekarnoputri, serta cucu dari Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno.

Dengan latar belakang keluarga yang memiliki sejarah panjang dalam dunia politik, Puan telah tumbuh dalam lingkungan yang mendorongnya untuk berkarier di bidang yang sama.

Sebanyak 580 Anggota DPR RI dan 152 Anggota DPD RI yang terpilih berdasarkan Surat Keputusan KPU RI tentang hasil Pemilu Legislatif 2024 untuk periode 2024-2029, akan dilantik pada Selasa ini di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Jumlah anggota DPR RI yang terpilih periode ini bertambah dari 575 anggota menjadi 580 anggota karena adanya pemekaran provinsi di daerah Papua.

Anggota DPD RI juga bertambah dari yang sebelumnya berjumlah 136 menjadi 152 orang karena pemekaran provinsi di daerah Papua.

Kemudian partai politik yang lolos ke DPR RI berkurang dari sembilan partai politik menjadi delapan partai politik. Partai politik yang lolos itu yakni PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, Partai Nasdem, PKS, Partai Demokrat, dan PAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perguruan Islam Armageddon Siap Menangkan Harda-Danang di Pilkada Sleman

Sleman
| Selasa, 01 Oktober 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement