Advertisement

Gelar Kick Off Hari Santri Nasional 2024, Ini yang Disampaikan Khofifah

Newswire
Minggu, 22 September 2024 - 20:17 WIB
Arief Junianto
Gelar Kick Off Hari Santri Nasional 2024, Ini yang Disampaikan Khofifah Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama Khofifah Indar Parawansa saat melakukan Kick OffHari Santri Nasional (HSN) di Lapangan Pegantenan, Pamekasan Jawa Timur, Minggu (22/9/2024). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SURABAYA—Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama, Khofifah Indar Parawansa melakukan Kick Off (mengawali rangkaian kegiatan) Hari Santri Nasional (HSN) sekaligus meluncurkan Maskot IPNU IPPNU di Lapangan Pegantenan Kabupaten Pamekasan Jawa Timur, Minggu (22/9/2024).

Dalam acara itu, Khofifah  menekankan bahwa NU berperan besar dalam mewujudkan, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan Republik Indonesia. Itulah sebabnya, HSN menjadi momentum untuk mengisi kembali semangat untuk terus menjaga dan menjaga persatuan dan keutuhan bangsa.

Advertisement

"Bapak Presiden Jokowi sempat menelepon saya tepat tiga hari sebelum dilantik pada periode pertama. Beliau menyampaikan Hari Santri akan disiapkan Keppres atau Perpres sebagai payung hukum, dan kemudian menanyakan hari santri dimulai pada 1 Muharram atau tanggal lain," katanya.

Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 itu mengungkapkan bahwa ia termasuk yang diamanahi untuk menyiapkan payung hukum Hari Santri Nasional.

"Kemudian saya dengan Pak Pratikno yang sekarang Mensesneg saling bertukar email untuk menyiapkan draf yang bisa direkomendasikan pada Bapak Jokowi saat itu sebelum beliau dilantik sebagai presiden di tahun ini," katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa perumusan HSN saat itu juga tidak sesederhana yang bisa dilihat. Akan tetapi ada yang sempat meragukan dan kesulitan untuk mencari bukti catatan sejarah bahwa yang berjuang saat peristiwa tewasnya AWS Mallaby itu adalah dari kalangan santri.

“Ada yang bilang, pada peristiwa itu santrinya hanya 16 orang. Ini menjadi hal penting menurut saya bahwa ternyata banyak yang ingin menghilangkan sejarah peran NU dalam meraih kemerdekaan dan kemudian mempertahankan kemerdekaan,” kata Khofifah.

Karena itu, sejarah NU yang berjuang habis-habisan untuk meraih dan mempertahankan kemerdekaan harus dikuatkan dan terus di-remain.

Terutama ketika Hadratussyeikh KH Hasyim Asy’ari mengomandani kiai dan santri dan mengeluarkan fatwa Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945.

BACA JUGA: Sejarah Hari Santri 22 Oktober dan Peran Santri di Masa Kemerdekaan

Resolusi Jihad ini berisi kewajiban bagi setiap orang atau fardhu ain untuk berjihad mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dengan melawan penjajah yang masih berada di Indonesia.

Oleh sebab itu, saat ini, Ketua PWNU Jatim KH Abdul Hakim Mahfudz atau yang akrab disapa Gus Kikin sedang mengumpulkan peran NU dalam sejarah perjuangan kemerdekaan sampai merdeka dan mengisinya.

"Hari santri adalah hari di mana NU menunjukkan diri sebagai kekuatan untuk menjaga kemerdekaan Indonesia. Juga hari untuk menyampaikan pada dunia bahwa peran NU untuk menjaga kemerdekaan Indonesia adalah dengan doa, riyadhoh, dan juga nyawa," ujarnya.

Karena banyak sekali syuhada yang menjadi korban dalam upaya menjaga kemerdekaan RI. Maka dari itulah yang kemudian menjadi titik pangkal penetapan Hari Santri Nasional pada tanggal 22 Oktober dan dirayakan setiap tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri Malioboro Jogja ke Pantai Baron Gunungkidul Senin 23 September 2024

Jogja
| Senin, 23 September 2024, 03:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement