Advertisement

Muhammadiyah Akan Kembangkan Amal Usaha di Ibu Kota Nusantara

Ujang Hasanudin
Rabu, 18 September 2024 - 09:37 WIB
Ujang Hasanudin
Muhammadiyah Akan Kembangkan Amal Usaha di Ibu Kota Nusantara Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir. ANTARA/HO-PP Muhammadiyah - am.

Advertisement

JAKARTA- Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan bahwa Muhammadiyah akan mengambil peran dalam membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) yakni dengan mendirikan kantor dan sarana pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Haedar selepas menemui Presiden di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2024). Haedar menilai meskipun IKN masih mengundang kontroversi, namun telah menjadi realitas politik yang konstitusional.

Advertisement

“Nasib IKN ke depannya tergantung berbagai faktor yang kompleks. Namun sebagai wujud berperan dalam kehidupan kebangsaan yang rasional, objektif, dan konstruktif Muhammadiyah memanfaatkan peluang keberadaan dan pembangunan IKN dengan mengembangkan amal usaha yang selama ini menjadi konsen gerakan,” jelas Haedar dalam keterangan tertulisnya.

Antara lain dengan membangun kantor sebagai pusat gerakan, sekaligus membangun lembaga pendidikan dan kesehatan di kawasan tersebut.

“Tujuannya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum,” tegas Haedar.

BACA JUGA: Jokowi Akui Progres Pembangunan IKN Baru Capai 20 Persen

Haedar juga menjelaskan bahwa Muhammadiyah saat ini di sana telah memiliki Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) yang telah terakreditasi unggul dan memiliki Fakultas Kedokteran, bahkan saat ini telah menjadi Universitas swasta terbaik se-Kaltim dan se-Kaltara.

“Berbagai amal usaha Muhammadiyah lain telah berkembang di Kalimantan Timur maupun di seluruh bumi Kalimantan. Maka menjadi kesatuan bilamana mengembangkan amal usaha pendidikan, kesehatan, ekonomi di kawasan IKN,” tegas Haedar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sempat Kuras Uang di ATM Milik Korbanya, Begini Aksi Ojol Merangkap Tukang Jambret di Sleman

Sleman
| Kamis, 19 September 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement