Advertisement

Dukung Pemberdayaan, ITD Adisutjipto Laksanakan Program Hibah Kemitraan dari Kemendikbudristek 2024

Media Digital
Selasa, 17 September 2024 - 11:07 WIB
Ujang Hasanudin
Dukung Pemberdayaan, ITD Adisutjipto Laksanakan Program Hibah Kemitraan dari Kemendikbudristek 2024 Pelatihan Tata Kelola Keuangan bagi Weeka Sejahtera Group, sebuah industri rumah tangga penghasil minuman tradisional wedang uwuh. - Ist

Advertisement

BANTUL—Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) terus berkomitmen dalam meningkatkan kapasitas usaha lokal melalui program pelatihan yang didanai oleh Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Pada Kamis, 5 September 2024, Tim PkM ITDA mengadakan Pelatihan Tata Kelola Keuangan bagi Weeka Sejahtera Group, sebuah industri rumah tangga penghasil minuman tradisional wedang uwuh. Selanjutnya, pada Kamis, 12 September 2024, Tim PkM kembali menggelar Pelatihan Manajemen Produksi untuk Weeka Sejahtera Group.

Advertisement

Pelatihan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Hibah Pengabdian kepada Masyarakat dengan skema pemberdayaan berbasis masyarakat. Sasaran utama pelatihan Tata Kelola Keuangan adalah pengelola Weeka, dengan 15 peserta yang turut serta. Sementara itu, pelatihan Manajemen Produksi diikuti oleh pengelola dan karyawan Weeka, juga dihadiri oleh 15 peserta.

Ketua Tim PkM, Riani Nurdin, menyampaikan bahwa pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman para peserta terkait standar akuntansi yang tepat dalam tata kelola keuangan dan penerapan standar operasional prosedur (SOP) dalam manajemen produksi. "Setelah pelatihan ini, kami berharap tata kelola keuangan di Weeka menjadi lebih akuntabel dan terstandar, serta produksi mereka bisa semakin berkualitas dan efisien," ujar Riani.

BACA JUGA: ITD Adisutjipto Bekali Mahasiswa dengan Mindset dan Soft Skill Dunia Kerja lewat Kuliah Umum

Selain memberikan pelatihan, Tim PkM ITDA juga menyerahkan sejumlah peralatan produksi kepada Weeka Sejahtera Group, di antaranya mesin oven pengering, mesin pencuci jahe, dan mesin rotary dryer. Tak hanya itu, Weeka juga mendapatkan sistem informasi manajemen (SIM) keuangan serta pendampingan dalam penggunaan sistem tersebut.

Program ini bertujuan untuk memperkuat aspek produksi dan tata kelola keuangan Weeka, sehingga mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya. Dengan adanya perbaikan di kedua sektor ini, Weeka Sejahtera Group diharapkan dapat memperluas jangkauan pasarnya, termasuk ke sektor ritel, perhotelan, restoran, dan bahkan industri penerbangan.

Selain Riani Nurdin, Tim PkM ITDA juga diperkuat oleh Yasrin Zabidi, S.T., M.T., dan Harliyus Agustian, S.Kom., M.Cs., dengan bantuan dari mahasiswa Teknik Industri ITDA, Badrudin Syakban Purnomo dan Sonya Dosyam Putri Buqoiriyah.

Program ini diharapkan menjadi langkah awal dalam mendukung usaha-usaha lokal agar lebih kompetitif dan mampu bersaing di pasar yang lebih luas, serta sebagai bukti nyata kontribusi ITDA dalam mendukung pemberdayaan masyarakat. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kabar Baik, Cek Kesehatan Calon Petugas KPPS di Bantul Gratis

Bantul
| Kamis, 19 September 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement