Advertisement

Golkar Resmi Usung Airin-Ade di Pilkada Banten, Sindir Megawati, Bahlil: Barang Bagus Itu

Dany Saputra
Selasa, 27 Agustus 2024 - 15:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Golkar Resmi Usung Airin-Ade di Pilkada Banten, Sindir Megawati, Bahlil: Barang Bagus Itu Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia mendeklarasikan dukungan ke kadernya sendiri, yakni Airin Rachmi Diany dan pasangannya, Ade Sumardi dari PDI Perjuangan (PDIP) di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Selasa (27/8/2024). Ist - partaigolkar

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia akhirnya memutuskan untuk mendeklarasikan dukungan ke kadernya sendiri, yakni Airin Rachmi Diany pada Pilkada Banten 2024.

Airin dan pasangannya, Ade Sumardi dari PDI Perjuangan (PDIP) hari ini menerima surat rekomendasi dari partai beringin. Bahlil menyampaikan tidak akan meminta kader partai lain masuk ke partainya.

Advertisement

"Memang kalau barang bagus itu pasti banyak yang minat. Kalau nggak barang bagus itu mungkin sedikit yang berminat. Saking bagusnya ada juga yang meminta, ‘kalau bisa ikut kami saja’," ujar pria yang juga Menteri ESDM itu, di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

BACA JUGA: Jadwal Pendaftaran dan Penetapan Calon Kepala Daerah, Masa Kampanye Hingga Pencoblosan Pilkada 2024

Menurut Bahlil dukungan Golkar kepada pasangan Airin–Ade adalah satu bentuk bukti otentik bahwa perbedaan dalam politik itu diperbolehkan.

"Dalam kesempatan ini juga Golkar diajarkan tentang demokrasi yang santun, demokrasi yang baik. Kami tidak pernah meminta kepada kader partai manapun untuk ikut masuk di partai Golkar. Karena sengguhnya perbedaan itu adalah indah. Dan memang Indonesia ini majemuk," ujarnya.

Bahlil pun menyampaikan ke Ade tidak akan memintanya untuk masuk ke Golkar usai menyerahkan form B1.KWK kepadanya. "Jangan khawatir kami tidak akan minta untuk menukar warna baju. Untuk baju kuning. Bahwa tetap kami bangga dengan baju merah saja. Karena kita ingin membangun bangsa ini harus tetap membutuhkan kekompakan dan kerja sama," ucap pria yang juga Menteri ESDM itu.

Adapun Bahlil menyampaikan, langkah untuk mendeklarasikan dukungan terhadap Airin–Ade pada tahap-tahap akhir merupakan strategi partai. Dia menyebut Golkar telah mengumumkan bakal calon kepala daerah yang diusung untuk 37 provinsi serta 514 kabupaten/kota, dan Banten menjadi daerah terakhir yang diumumkan.

Bahlil, yang baru dipilih secara aklamasi sebagai ketua umum pada pekan lalu, mengaku bahwa keputusan untuk mendukung Airin–Ade melalui lobi-lobi dan tarik-menarik politik.

Terlebih, partainya sebelumnya telah memberikan surat rekomendasi atau form B1.KWK kepada bakal pasangan calon dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Andra Soni–Dimyati Natakusumah.

"Bahwa hari ini Partai Golkar menyerahkan B1.KWK kepada pasangan calon gubernur Provinsi Banten. Yaitu Ibu Airin dari Partai Golkar dan pasangannya wakil gubernur yaitu Pak Ade Sumardi. Semoga calon ini akan membawa perubahan besar bagi pembangunan Provinsi Banten," tuturnya.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sempat menyebut calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany sudah menjadi kader PDIP.

Hal itu diungkapkan Megawati saat pengumuman Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tahap III di gedung DPP PDIP Menteng, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2024).

“Airin ngomong yang keras, iya dong! Kalau elu udah masuk PDIP. Awas lu ya!” ujar Megawati disambut tepuk tangan para kader partai Banteng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja Kutoarjo Akhir Pekan Ini, 14-15 September 2024

Jogja
| Sabtu, 14 September 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement