Advertisement

Dua Belas Baju Adat Indonesia Ini Pernah Dikenakan Presiden Jokowi dalam Upacara 17 Agustus

Ilma Rayhana
Kamis, 15 Agustus 2024 - 16:47 WIB
Maya Herawati
Dua Belas Baju Adat Indonesia Ini Pernah Dikenakan Presiden Jokowi dalam Upacara 17 Agustus Penampilan Presiden Jokowi saat saat berpidato pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu (16/8/2023). - Antara\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo memperkenalkan dan melestarikan baju adat Indonesia dengan cara mengenakannya saat upacara 17 Agustus perayaan Kemerdekaan Indonesia.

Tak cuma itu Presiden Jokowi juga mengenakannya saat pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR RI.  

Advertisement

Simak deretan baju adat Indonesia yang pernah dipakai Presiden Jokowi saat upacara 17 Agustus dan Pidato Kenegaraan:

2017 Baju Adat Indonesia dari Bugis

Pada HUT ke-72 RI, Jokowi menghadiri Sidang Tahunan MPR RI mengenakan baju adat Bugis. Dia mengenakan atasan hitam dengan ornamen emas, menyamai warna tutup kepalanya. Jokowi juga mengenakan bawahan dari kain tenun sutra Bugis.

2017 Baju Adat Indonesia dari Kalimantan Selatan

Pada upacara bendera 17 Agustus 2017, Presiden Jokowi mengenakan baju adat khas Kalimantan Selatan, khususnya Tanah Bumbu. Baju adat ini dapat dikenali dengan ciri khas kain tenun Pegatan, simbol masyarakat Kalimantan Selatan untuk pekerja keras.

Selain itu, Jokowi juga menggunakan penutup kepala yang disebut “laung”. Laung adalah simbol kewibawaan dan keperkasaan.

2018 Baju Adat Indonesia dari Aceh

Pada upacara bendera HUT ke-73 RI, Jokowi menggunakan baju adat Aceh dengan warna dominan hitam. Baju adat tersebut terdiri dari Kupiah Meukeutop, penutup kepala dari kain berwarna merah, hijau, kuning, dan hitam.

Pakaian adat ini juga dilengkapi baju panjang berwarna hitam dengan hiasan sulaman emas di bagian kerah, lengan, dan kantung.

BACA JUGA: Setara Institute Tolak Kebijakan Lepas Jilbab Paskibraka BPIP

2019 Baju Adat Indonesia dari Lombok

Pada 2019, Jokowi menyampaikan Pidato Kenegaraan HUT ke-74 RI dalam pakaian adat Suku Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Baju yang digunakan berwarna coklat muda kehijauan, dengan ornamen yang terbuat dari kain batik dan penutup kepala dari bahan yang sama.

2019 Baju Adat Indonesia dari Bali

Jokowi memimpin upacara 17 Agustus, HUT ke-74 RI dengan menggunakan pakaian adat Klungkung, Bali. Baju dominan hitam tersebut dipadu dengan kain batik cokelat sebagai lapisan bawahan dan tutup kepala.

Menurut Kemenparekraf, baju adat Klungkung dikenakan keluarga kerajaan di Bali untuk menghadiri acara kenegaraan.

2020 Baju Adat Indonesia dari NTT

Pada rangkaian acara HUT ke-75 RI, Jokowi mengenakan 2 baju berbeda dari adat yang sama: Sabu, Nusa Tenggara Timur.

Ketika menyampaikan pidato kenegaraan, Jokowi terlihat menggunakan kemeja hitam di dalam busana adat NTT tersebut, yaitu berbentuk kain tenun ikat berwarna hitam dan emas. Menurut Indonesia Juara, kain yang berbentuk sarung ini disebut higi hawu.

Saat memimpin upacara bendera secara jarak jauh, Jokowi terlihat kontras dalam baju adat Sabu berwarna dominan putih, dilengkapi kain tenun NTT berwarna merah dengan motif geometris. Tenun tersebut digunakan sebagai ornamen baju serta ikat kepala.

2021 Baju Adat Indonesia dari Baduy

Berbeda dari tahun sebelumnya dengan baju adat yang relatif mewah, Jokowi menyampaikan Pidato Kenegaraan HUT ke-76 RI menggunakan baju adat suku Baduy yang simpel.

Baju adat tersebut terdiri dari atasan dan bawahan hitam dengan kancing kayu. Jokowi juga menggunakan ikat kepala dari kain berwarna biru. Terakhir, dia menggunakan tas Koja khas Baduy yang terbuat dari kulit pohon.

2021 Baju Adat Indonesia dari Lampung

Presiden Jokowi menggunakan baju adat dari Pepadun, Lampung, dalam upacara bendera di hari selanjutnya. Menggunakan baju putih sebagai warna dasar, Jokowi dibalut sarung tumpal khas Lampung berwarna merah. Pakaian pun dilengkapi dengan kain selempang, pinggang, dan tutup kepala dengan warna yang sama.

2022 Baju Adat Indonesia Bangka Belitung

Biasa menggunakan baju hitam atau putih dengan sedikit sentuhan warna, Jokowi tampil berbeda pada Sidang Tahunan MPR untuk HUT ke-77 RI. Dia terlihat menggunakan baju adat Bangka Belitung berwarna hijau.

Baju adat ini berbentuk setelan kemeja, celana, dan luaran panjang berwarna hijau muda dengan sulaman pucuk rebung berwarna keemasan. Jokowi juga menggunakan kain tenun cual berwarna merah dan emas.

2022 Baju Adat Indonesia dari Buton

Pada hari upacara peringatan HUT ke-77 RI di Istana Negara, Jokowi menggunakan baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara. Tampak cerah, baju adat tersebut berwarna dominan merah dan putih dengan balutan kain tenun hitam-putih hingga lutut.

2023 Baju Adat Indonesia dari Tanimbar

Jokowi menyampaikan Pidato Kenegaraan HUT ke-78 RI menggunakan baju adat Tanimbar, Maluku. Dengan setelan kemeja putih dan celana hitam, dia membalut pakaian dasar tersebut dengan kain tenun ikat khas Tanimbar berwarna merah, hitam, dan hiasan emas.

Jokowi juga menggunakan ikat kepala dari bahan kain tenun yang sama, dilengkapi dengan hiasan bulu.

2023 Baju Adat Indonesia Khas Kraton Kasunanan Surakarta

Pada acara upacara di Istana Negara tahun 2023, Jokowi menggunakan pakaian Kasunanan Surakarta, yang disebut sebagai baju adat ageman songkok singkepan ageng.

Di tahun ini, Jokowi seolah-olah kembali ke akarnya, Kota Surakarta, dengan menggunakan pakaian yang biasa digunakan Raja Pakubuwono Hadiningrat setiap keluar dari kereta keraton untuk melihat keadaan masyarakatnya.

Presiden RI menggunakan setelan jas beludru sebagai pakaian dasarnya, kemudian dibalut dengan batik Solo bermotif parang, serta selendang berwarna merah. Dia juga menggunakan tutup kepala yang disebut songkok dan berbentuk unik.

Pakaian-pakaian yang dikenakan Presiden Jokowi ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin merayakan Kemerdekaan Indonesia dengan baju adat Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Damri Titik Nol Malioboro Jogja ke Pantai Baron Gunungkidul Kamis 19 September 2024

Jogja
| Kamis, 19 September 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement