Advertisement

Jokowi Cek Persiapan Upacara HUT RI ke 79 di IKN

Newswire
Rabu, 14 Agustus 2024 - 08:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Jokowi Cek Persiapan Upacara HUT RI ke 79 di IKN Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam sebuah kegiatan di IKN, Senin (12/8/2024).ist/X - jokowi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kesiapan penyelenggaraan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, dicek sendiri oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Jokowi, hanya tersisa hal-hal mendetail yang perlu diselesaikan. "Tadi subuh saya ulangi cek lagi," kata Jokowi di sela kegiatan di IKN, Rabu (14/8/2024).

Advertisement

Jokowi mengaku tidur nyenyak dan pulas di Istana, lalu bangun saat subuh dan langsung berkeliling IKN. "Subuh bangun langsung muter-muter. Sudah muter-muter ke mana-mana saya tadi, enggak tahu dapat berapa puluh titik tadi," kata Jokowi.

BACA JUGA: Istana Bantah Kabar Adanya Perombakan Kabinet Indonesia Maju Jelang Berakhirnya Pemerintahan Jokowi

Pada Rabu pagi ini Presiden meresmikan Sumbu Kebangsaan di IKN. Menurut Presiden, Sumbu Kebangsaan merupakan ruang terbuka yang menggambarkan hubungan antara manusia dengan Tuhan, alam, dan sesama.

Jokowi menyebutkan salah satu fasilitas di Ibu Kota Nusantara, yakni Sumbu Kebangsaan merupakan ruang terbuka yang menggambarkan hubungan harmonis antara manusia, Tuhan, dan alam.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat meresmikan Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur. Letak Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan IKN berada di antara Istana Garuda dan Istana Negara dan Taman Kusuma Bangsa.

"Sumbu kebangsaan merupakan ruang terbuka yang menggambarkan keharmonisan hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam lingkungan, dan manusia dengan sesamanya," kata Presiden Jokowi.

Dalam sambutannya, Presiden mengatakan bahwa kerja keras pemerintah dalam membangun Ibu Kota Nusantara makin terlihat nyata hasilnya.

Selain membangun infrastruktur dasar, Presiden menjelaskan pemerintah telah menyelesaikan pembangunan beberapa fasilitas pendukung yang melengkapi keistimewaan Ibu Kota Negara Nusantara.

Penataan fasilitas tersebut meliputi pembangunan Plaza Seremoni, jalur pejalan kaki, jalur pesepeda, share street, visitor center, amfiteater, galeri UMKM, dan forest trail.

Dengan diresmikannya fasilitas tersebut, Presiden berharap kehadiran Sumbu Kebangsaan yang dilandasi filosofi keluhuran hubungan Tuhan, manusia, dan alam ini akan menjadikan IKN Nusantara sebagai kota yang harmonis, nyaman, dan damai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Siap-siap Wilayah Jogja, Sleman, dan Gunungkidul Terkena Pemadaman Listrik, Rabu 23 Oktober 2024

Jogja
| Rabu, 23 Oktober 2024, 06:07 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement