Advertisement

Kereta ART Buatan China Akan Diuji Coba Perdana di Sumbu Kebangsaan IKN 5 Agustus 2024

Newswire
Senin, 29 Juli 2024 - 13:37 WIB
Sunartono
Kereta ART Buatan China Akan Diuji Coba Perdana di Sumbu Kebangsaan IKN 5 Agustus 2024 Kawasan titik nol Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. ANTARA/Bagus Purwa - pri.

Advertisement

Harianjogja.com, NUSANTARA—Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) akan mengaspal perdana di kawasan Sumbu Kebangsaan Ibu Kota Nusantara (IKN) saat tahap uji coba, Senin 5 Agustus 2024 mendatang.

"Jadi saat itu akan ada dua transit, masing-masing tiga kereta akan berputar dari Sumbu Kebangsaan, Sumbu Barat, Sumbu Timur, keliling dengan headway 5 menit," kata Menhub Budi di Istana Garuda IKN, Senin.

Advertisement

BACA JUGA : Kereta Tanpa Rel Direncanakan Dibangun di Ibu Kota Nusantara

Ia mengatakan, sarana perkeretaapian atau rolling stock kereta ART saat ini sudah tersedia di Kota Balikpapan. Menurut Menhub, skema kerja sama yang akan dilakukan antara pemerintah dengan BUMN China CRRC Zhuzhou Institute Co Ltd dan Norinco, selaku penyedia Kereta ART ini. Mereka akan memberikan layanan gratis selama Agustus hingga Desember 2024 kepada pengguna layanan.

"Kita memberikan jalan yang sudah dikonstruksi oleh Otorita IKN dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan membuat marka-marka," katanya.

BACA JUGA : Jadwal Kereta Api dari Jogja ke Bandara YIA, Paling Pagi Pukul 04.20 WIB

Dalam kesempatan itu, Menhub Budi menyebut keinginan Presiden Jokowi untuk menjadikan kereta ART sebagai moda transportasi yang ada di IKN. "Dari sejak pertama kali saya melapor Presiden, beliau sangat ingin untuk menjadikan ini sebagai moda transportasi yang ada di IKN," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Damri Titik Nol Malioboro Jogja ke Pantai Baron Gunungkidul Kamis 19 September 2024

Jogja
| Kamis, 19 September 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement