Advertisement

Biden Didesak Mundur dari Pilpres AS Usai Tampil Buruk saat Debat Capres

Erta Darwati
Kamis, 04 Juli 2024 - 08:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Biden Didesak Mundur dari Pilpres AS Usai Tampil Buruk saat Debat Capres Joe Biden. - REUTERS/Charles Mostoller

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Dinilai tampil sangat buruk dalam debat calon presiden (capres) beberapa waktu lalu, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden didesak untuk mundur dari Pemilihan Presiden (Pilpres) AS.

Desakan tersebut muncul dari partai pendukung Biden, Demoktat. Biden sendiri selama ini berusaha membuktikan kepada publik bahwa dia sehat secara fisik dan mental untuk menjabat kembali menjadi Presiden AS.

Advertisement

BACA JUGA:  Ketua KPU Hasyim Asyari Dipecat, Korban: Putusan DKPP Bisa Menginspirasi yang Lain

Biden tampil buruk dalam debat capres melawan penantang dari Partai Republik Donald Trump. Saat debat, Biden terlihat tersendat-sendat saat berbicara dan mengungkapkan argumennya.

Seorang perwakilan DPR dari Texas, Lloyd Doggett menjadi anggota pertama partainya yang secara terbuka menyerukan Biden untuk mundur dari Pilpres AS.

"Saya mewakili jantung distrik kongres yang pernah diwakili oleh Lyndon Johnson. Dalam situasi yang sangat berbeda, dia membuat keputusan yang menyakitkan untuk mundur, Presiden Biden seharusnya melakukan hal yang sama," kata Doggett, dilansir Al-Jazeera, pada Rabu (3/7/2024).

Sementara itu, seorang perwakilan DPR dari negara bagian Washington, Marie Gluesenkamp Perez tidak mendesak Biden untuk mundur tetapi mengatakan dia yakin penampilan debatnya akan membuatnya kalah dalam Pemilu November 2024. 

"Kita semua melihat apa yang kita lihat, Anda tidak dapat membatalkannya, dan kebenarannya menurut saya, adalah Biden akan kalah dari Trump. Saya tahu itu sulit, tetapi saya pikir kerusakan telah terjadi akibat perdebatan itu," kata Perez.

Seorang perwakilan DPR dari Maine, Jared Golden juga mengatakan bahwa dia yakin Trump akan menang dan setuju dengan hal itu. “Banyak Demokrat yang panik tentang apakah Presiden Joe Biden harus mengundurkan diri sebagai calon partai. Kinerja Biden yang buruk dalam debat bukanlah sesuatu yang mengejutkan,” kata Golden.

BACA JUGA: Dipecat DKPP, Ketua KPU Hasyim Minta Maaf ke Wartawan Bukan ke Korban

Mantan Ketua DPR Nancy Pelosi dan Perwakilan Jim Clyburn juga turut menyuarakan pendapat mereka yang meneliti kondisi Biden, dengan mengatakan bahwa sah-sah saja untuk menyuarakan kekhawatiran tentang kesehatannya setelah debat.

"Saya pikir pertanyaan yang sah untuk ditanyakan adalah, ini soal kondisi? Jadi, ketika orang menanyakan pertanyaan itu, itu sepenuhnya sah bagi kedua kandidat," kata Pelosi.

Sementara itu, juru bicara Pelosi mengatakan setelah wawancara tersebut bahwa dia memiliki kepercayaan penuh pada Biden dan berencana untuk menghadiri pelantikannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dekatkan Diri ke Masyarakat, Polres Bantul Gandeng Seniman Gelar Pameran Seni Rupa

Bantul
| Sabtu, 06 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement