Advertisement

Presiden Jokowi Minta Kemenkeu Masukkan Visi-Misi Prabowo dalam Rancangan APBN 2025

Alifian Asmaaysi
Selasa, 25 Juni 2024 - 12:47 WIB
Ujang Hasanudin
Presiden Jokowi Minta Kemenkeu Masukkan Visi-Misi Prabowo dalam Rancangan APBN 2025 Presiden Joko Widodo (tengah) membalas hormat dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kedua kanan) saat penganugerahan pangkat Jenderal TNI Kehormatan yang disaksikan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto (kiri) dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan Polri Tahun 2024 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2024). - Antara - Sigid Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan khusus untuk memasukkan seluruh visi – misi calon presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ke dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Nathan Kacaribu yang mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah melaksanakan arahan tersebut.

Advertisement

“Arahan Pak Jokowi jelas, masukan semua visi-misi presiden terpilih dalam APBN 2025. Ini yang kita kerjakan,” tuturnya dalam agenda Seminar Nasional Kajian Tengah Tahun Indef 2024 di Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Bukan tanpa alasan, arahan tersebut terjadi karena APBN 2025 dipandang spesial. Pasalnya, RAPBN tersebut dibentuk di masa transisi di mana proses perumusannya bakal dilakukan oleh Presiden Jokowi, sedangkan pelaksanaannya bakal dijalankan pada masa pemerintahan Prabowo.

Upaya tersebut juga dilakukan dalam rangka mewujudkan proses transisi pemerintahan yang mulus ke depannya.

BACA JUGA: Jokowi dan Prabowo Sepakati Anggaran Makan Siang Gratis Rp71 Triliun

“Itu tentunya akan baik bagi perekonomian untuk tahun 2024 maupun 2025. Cita-cita kita sama, tetap kita ingin menjadi negara maju pada 2045. Masih jauh dan masih banyak tantangan,” tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memang telah mengungkap bahwa pemerintah telah memasukkan salah satu program Prabowo, yakni makan bergizi gratis (MBG) dalam RAPBN 2025.

Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa presiden terpilih Prabowo Subianto telah menyetujui kebijakan tersebut yang tengah disusun, terutama terkait anggaran yang ditetapkan senilai Rp71 triliun.

Kendati demikian, program makan bergizi gratis belum akan dilaksanakan 100% pada tahun depan. Melainkan, pemerintah merencanakan program tersebut akan dijalankan secara bertahap.

“Bapak Prabowo telah menyampaikan beliau telah menyetujui program makanan bergizi gratis dilaksanakan secara bertahap,” ujarnya dalam konferensi pers, Senin (24/6/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perangkat Lurah Kulonprogo Diminta Jaga Netralitas Pilkada 2024

Kulonprogo
| Sabtu, 28 September 2024, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement