Advertisement

Pemegang Kunci Ka'bah Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Shaib Meninggal Dunia, Begini Sosoknya

Erta Darwati
Minggu, 23 Juni 2024 - 18:37 WIB
Sunartono
Pemegang Kunci Ka'bah  Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Shaib Meninggal Dunia, Begini Sosoknya Ilustrasi. - Reuters.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemegang kunci Ka'bah Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Shaibi, meninggal dunia di Makkah, pada Jumat malam (21/6/2024).  Al-Shaibi merupakan pemegang kunci Ka'bah ke-77 sejak penaklukan Makkah.

Salat jenazah diadakan di Masjidil Haram setelah salat Subuh pada Sabtu (22/6/2024).  Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Shaibi merupakan seorang profesor universitas, dan penulis beberapa karya tentang agama dan sejarah, serta meraih gelar doktor dalam studi Islam. 

Advertisement

Melansir Arab News, tanggung jawab Al-Shaibi antara lain membuka dan menutup Ka'bah, membersihkan, mencuci, memperbaiki Kiswah (penutup), dan menyambut pengunjung. Ia mengambil alih perwalian setelah kematian pamannya, Abdulqader Taha Al-Shaibi, pada 2013 silam. 

BACA JUGA : Wisata Religi Miniatur Kakbah di Boyolali Terus Dikembangkan, Tambah Pohon Kurma dan Zaitun

Putranya, Abdulrahman Saleh Al-Shaibi, mengatakan bahwa kehilangan ayahnya adalah salah satu momen tersulit dan paling menyedihkan dalam hidupnya.  Meski begitu, anaknya itu mengatakan pihak keluarga menerima kehendak Allah untuk kehilangan sosok pria yang selalu dekat dengan semua orang dan mengabdikan hidupnya untuk melayani keluarganya tersebut. 

Ia mengatakan ayahnya baru-baru ini menderita sakit namun tetap bersabar dan tabah. Terlihat seluruh masyarakat turut berduka cita dan mengucap duka atas hilangnya pilar keluarga Al-Shaibi itu.  Al-Shaibi mengetuai Departemen Akidah di Universitas Umm Al-Qura selama lebih dari dua dekade.

Dia dikenal karena pendekatan ilmiahnya dan kecintaannya pada pengetahuan, serta mendalami isu-isu agama dan doktrin. Sebagai seorang akademisi, dia meninggalkan pengaruh yang signifikan dan bertahan lama. Raja Fahd bin Abdulaziz mengangkatnya ke Dewan Syura Saudi, dan Al-Shaibi menjabat sebagai wakil pamannya dalam perwalian Ka'bah hingga menjadi pengurus senior.

Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Shaibi telah menjabat sebagai wakil ayahnya dalam perwalian Ka'bah selama 5 tahun, setelah itu sepupunya Abdulmalik Al-Shaibi mengambil alih. Dia mengatakan bahwa ayahnya ingin dia memegang perwalian dan kunci Ka'bah setelah dia. Namun jika keinginan tersebut tidak dipenuhi, maka perwalian dan kuncinya akan diserahkan kepada pamannya Abdulwahab Al-Shaibi.

Nizar Al-Shaibi, sepupu almarhum, mengatakan bahwa kepergian Al-Shaibi adalah hari yang menyedihkan bagi keluarga. Namun dia mengungkap bahwa curahan cinta, solidaritas, dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat yang bergegas menyampaikan belasungkawa, turut meringankan beban duka mereka.

BACA JUGA : Semarak Malam Lebaran, Jogja Ramai Takbiran Keliling

Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi juga menyatakan duka yang mendalam atas meninggalnya Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Shaibi. Selain itu, Khaled Al-Husseini, seorang penulis dan pakar urusan Makkah juga mengungkap kesedihan mendalam atas kematian tersebut. Al-Husseini menggambarkan Al-Shaibi sebagai orang yang berpengetahuan dan terpelajar, yang di samping peran terhormatnya dalam menjaga Ka'bah, adalah seorang sarjana, akademisi, dan dosen di Universitas Umm Al-Qura. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkot Jogja & TNI AU Gelar Pertunjukkan Orkestra Lagu Jawa dan Perjuangan di Balai Kota Jogja

Jogja
| Sabtu, 28 September 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement