Advertisement

Grace Natalie PSI Jadi Komisaris MIND ID, Segini Perkiraan Gajinya

Denis Riantiza Meilanova
Kamis, 13 Juni 2024 - 13:37 WIB
Sunartono
Grace Natalie PSI Jadi Komisaris MIND ID, Segini Perkiraan Gajinya Ketua Umum PSI Grace Natalie. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie diangkat menjadi Komisaris MIND ID yang merupakan holding BUMN. Grace berhak mendapatkan gaji yang sesuai dengan ketentuan berlaku.

Gaji Komisaris MIND ID Berdasarkan Laporan Tahunan MIND ID 2022, komponen remunerasi untuk setiap anggota dewan komisaris dan direksi terdiri atas gaji, tunjangan, fasilitas, tantiem dan pajak. Remunerasi dewan komisaris dan direksi ditetapkan oleh pemegang saham melalui mekanisme RUPS dengan memperhatikan ketentuan anggaran dasar dan peraturan perundang-undangan.

Advertisement

BACA JUGA : Kaesang Resmi Jadi Kader PSI

Besaran honorarium komisaris utama ditetapkan sebesar 45% dari gaji direktur utama, sementara honorarium anggota dewan komisaris ditetapkan sebesar 90% dari honorarium komisaris utama. Tunjangan terdiri atas tunjangan hari raya keagamaan yang diberikan 1 kali honorarium, tunjangan transportasi yang diberikan sebesar 20% dari honorarium, dan asuransi purna jabatan yang diberikan selama menjabat dengan premi asuransi 25% dari honorarium 1 tahun.

Dewan komisaris juga mendapat fasilitas berupa fasilitas kesehatan dalam bentuk asuransi atau penggantian biaya pengobatan, bantuan hukum, dan kendaraan dinas 1 unit beserta biaya pemeliharaan dan biaya operasional dengan memperhatikan kondisi keuangan perusahaan.

Untuk tantiem atau penghargaan penghasilan untuk komisaris, diberikan dalam bentuk tunai dengan mempertimbangkan peningkatan kinerja dan kemampuan perusahaan. MIND ID melaporkan total gaji atau honorarium beserta tunjangan untuk lima anggota dewan direksi dan enam anggota dewan komisaris selama 2022 adalah sebesar Rp34,8 miliar.

Adapun total tantiem untuk direksi dan dewan komisaris selama tahun 2022 sebesar Rp149,4 miliar. Namun, tidak diperinci berapa besaran gaji atau tantiem yang diterima oleh masing-masing direksi maupun komisaris.

Bila menggunakan asumsi anggota dewan direksi dan dewan komisaris menerima gaji yang sama, maka gaji atau honorarium beserta tunjangan setiap orang mencapai Rp3,16 miliar per tahun atau Rp263,63 juta per bulan.

BACA JUGA : Respons Jokowi Terkait Lonjakan Suara PSI: Itu Urusan Partai

Perkiraan besaran tantiem yang diterima setiap anggota mencapai Rp13,58 miliar per tahun. Gaji Komisaris Pertamina Berdasarkan Laporan Tahunan Pertamina 2022, remunerasi yang diberikan kepada anggota direksi dan dewan komisaris Pertamina meliputi gaji untuk anggota direksi dan honorarium untuk anggota dewan direksi, tunjangan, fasilitas, dan tantiem/insentif kinerja/insentif khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

BEDAH BUKU: Pemahaman Pencegahan Tengkes Penting Dilakukan

Gunungkidul
| Selasa, 16 Juli 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement