Advertisement

Arab Saudi Tetapkan Iduladha Dirayakan 16 Juni 2024

Mia Chitra Dinisari
Jum'at, 07 Juni 2024 - 13:27 WIB
Maya Herawati
Arab Saudi Tetapkan Iduladha Dirayakan 16 Juni 2024 Foto ilustrasi Ibadah Haji / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemerintah Arab Saudi menetapkan Hari Raya Iduladha jatuh pada 16 Juni 2024, sedangkan ibadah haji mulai 14 Juni 2024.

Dikutip dari Khaleej times, penentuan ini berdasarkan perhitungan bulan sabit pertanda dimulainya bulan Dzulhijjah terlihat di Arab Saudi pada Kamis, 6 Juni.

Advertisement

“Besok, Jumat [7/6/2024], adalah awal bulan Dzulhijjah, dan sidang di Arafat akan dilakukan pada hari Sabtu, 15 Juni 2024,” Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan setelah memantau penampakan bulan.

Oleh karena itu, Kamis tanggal 6 Juni adalah hari terakhir Dzul Qa’adah dan Jumat tanggal 7 Juni adalah hari pertama Dzul Hijjah. Artinya hari pertama Iduladha jatuh pada Minggu, 16 Juni (10 Dzulhijjah).

Hari Arafah yang diperingati satu hari sebelum Iduladha dan dikenal sebagai hari paling suci dalam Islam akan jatuh pada hari Sabtu, 15 Juni (9 Dzul Hijjah).

BACA JUGA: Sampah Menumpuk di Jogja, Pemda DIY Terpaksa Buka TPA Piyungan

Bagi negara-negara Islam seperti Arab Saudi dan UEA, Idulfitri merupakan salah satu hari raya keagamaan yang paling dinantikan, karena sebagian besar karyawan diberikan libur akhir pekan yang panjang.

Penduduk UEA ditetapkan mendapat satu hari libur pada Hari Arafah (9 Zul Hijjah) dan tiga hari libur pada Idul Adha (10 hingga 12 Dzul Hijjah), sesuai dengan daftar hari libur pemerintah.

Iduladha yang disebut juga Hari Raya Kurban ditandai dengan salat khusus. Umat ​​​​Muslim menyembelih hewan ternak  biasanya kambing, domba, sapi atau unta untuk memperingati ujian keimanan Nabi Ibrahim.

Perayaan ini merayakan kesediaan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya berdasarkan perintah Allah. Sebelum kurban terjadi, Allah memberinya seekor domba jantan yang kemudian disembelih oleh Nabi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Terbaru! Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Jumat 20 September 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Jum'at, 20 September 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement