Advertisement

Ini Makna Filosofi Batik Bomba yang Dipakai Elon Musk Saat Resmikan Starlink

Novita Sari Simamora
Senin, 20 Mei 2024 - 22:57 WIB
Arief Junianto
Ini Makna Filosofi Batik Bomba yang Dipakai Elon Musk Saat Resmikan Starlink Elon Musk mengenakan batik bomba. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Elon Musk kembali mengenakan batik bomba dari Sulawesi Tengah saat meresmikan Starlink di Bali. Batik ini bukan yang kali pertama dipakai batik Bomba.

Sebelumnya, dia juga pernah menggunakan batik hijau saat berbicara secara virtual dalam KTT Bussiness 20 (B20) dalam forum resmi G20.

Advertisement

Sebelumnya, Elon Musk mendapatkan kiriman batik asal Palu itu untuk dipakai saat B20 Summit.

Lalu, kenapa pilih batik dari Palu? Alasannya adalah Palu menjadi sumber nikel terbesar di Indonesia. Pasalnya, nikel digunakan untuk pembuatan mobil listrik yaitu baterai.

BACA JUGA: Elon Musk: PLTS Jadi Solusi Atasi Krisis Air Global

Elon Musk merupakan CEO Tesla yakni perusahaan mobil listrik terbesar di dunia. Tentu saja, perusahaannya membutuhkan nikel dari Indonesia.

Dikutip dari Jurnal Taylor & Francis, Senin (20/5/2024), makna simbolik pada batik bomba adalah menggambarkan harmonisasi alam, komunikasi simbolik, dan masyarakat tradisi Sulawesi Tengah.

Ini 5 makna dan filosofi dari Batik Bomba:

Kesederhanaan dan Keanggunan

Pola-pola dalam batik bomba sering kali sederhana, anggun, serta mencerminkan kesederhanaan hidup masyarakat Sulawesi Tengah yang tetap menjaga keanggunan dan keindahan dalam keseharian mereka. Batik ini juga sering digunakan saat acara-acara sukacita.

Harmoni dengan Alam

Motif-motif pada batik bomba banyak yang terinspirasi dari alam sekitar, seperti flora dan fauna lokal. Ini melambangkan hubungan harmonis masyarakat dengan alam serta penghargaan mereka terhadap lingkungan.

Simbol Keberanian dan Kekuatan

Beberapa motif dalam batik bomba menggambarkan elemen-elemen yang mencerminkan keberanian dan kekuatan, sesuai dengan karakteristik masyarakat Sulawesi Tengah yang terkenal tangguh dan pemberani.

Kearifan Lokal

Setiap motif dalam batik bomba memiliki cerita dan filosofi tersendiri yang diwariskan dari generasi ke generasi. Ini mencerminkan kearifan lokal dan pengetahuan tradisional yang kaya, yang terus dilestarikan oleh masyarakat.

Identitas Budaya

Batik Bomba adalah salah satu ekspresi identitas budaya masyarakat Sulawesi Tengah. Melalui batik ini, mereka mengekspresikan kebanggaan mereka terhadap warisan budaya dan sejarah daerahnya, sekaligus berusaha menjaga dan mempromosikan kekayaan budaya ini kepada dunia luar.

Batik bomba bukan hanya sekadar kain dengan pola indah, tetapi juga merupakan media untuk menyampaikan nilai-nilai budaya, sejarah, dan filosofi hidup masyarakat Sulawesi Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produktivitas Lahan Pertanian di Bantul Terancaman Bencana Kekeringan

Bantul
| Selasa, 18 Juni 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement