Advertisement

Update Longsor di Tanah Toraja, Korban Jiwa Capai 20 Orang

Aprianus Doni Tolok
Selasa, 16 April 2024 - 08:57 WIB
Ujang Hasanudin
Update Longsor di Tanah Toraja, Korban Jiwa Capai 20 Orang Situasi lokasi tanah longsor di Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan, Minggu (14/4) - BPBD Kab. Tana Toraja

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Badan nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut total korban jiwa dalam bencana tanah longsor di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, hingga saat ini menjadi 20 orang.

Terbaru tim pencarian dan pertolongan gabungan berhasil menemukan dua korban yang sebelumnya dinyatakan hilang. Kedua korban tersebut ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di Kelurahan Manggau, Kecamatan Makale pada Senin (15/4/2024) dan jenazahnya langsung disemayamkan di Rumah Sakit (RS) Lakipadada.

Advertisement

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan bahwa total korban jiwa dalam bencana tanah longsor di Tana Toraja menjadi 20 orang.

"[Sebanyak] 16 korban ditemukan di Desa Manggau Kecamatan Makale dan empat korban lainnya sebelumnya sudah ditemukan di Desa Lembang Randan Baru di Kecamatan Makale Selatan," ujarnya dalam siaran pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (16/4/2024).

BACA JUGA: Hujan Deras 2 Hari Sebabkan Tanah Longsor dan Sejumlah Rumah Roboh di Lebak

Atas penemuan seluruh korban tersebut, maka operasi pencarian dan pertolongan pun dihentikan. Kendati demikian, tim gabungan masih akan tetap bersiaga apabila terdapat laporan warga yang merasa kehilangan anggota keluarganya.

Adapun, peristiwa tanah longsor tersebut dipicu oleh hujan berintensitas tinggi pada wilayah dengan kondisi tanah yang tidak stabil pada Sabtu (13/4) pukul 22.30 WITA.

Lokasi kejadian tanah longsor berada di dua titik yaitu Desa Lembang Randan Batu, Kecamatan Makale Selatan dan Kelurahan Manggau, Kecamatan Makale.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada Jogja, Ini Dia Nama-Nama yang Sudah Dijaring Partai Politik

Jogja
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement