Advertisement

Hujan Deras 2 Hari Sebabkan Tanah Longsor dan Sejumlah Rumah Roboh di Lebak

Newswire
Minggu, 21 Januari 2024 - 22:57 WIB
Arief Junianto
Hujan Deras 2 Hari Sebabkan Tanah Longsor dan Sejumlah Rumah Roboh di Lebak Ilustrasi warga bekerja bakti memperbaiki saluran irigasi yang tertutup material tanah longsor. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, LEBAK—Hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi di Kabupaten Lebak, Banten, dalam dua hari terakhir ini menimbulkan tanah longsor serta rumah dan pohon roboh di sejumlah kecamatan.

"Beruntung, bencana alam itu tidak mengakibatkan korban jiwa," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama di Lebak, Minggu (21/1/2024).

Advertisement

Dalam dua hari terakhir ini tercatat 12 rumah roboh, satu madrasah diniyah mengalami kerusakan dan beberapa pohon roboh.

Selain itu, lanjut Febby, juga ada dua titik jalan terkena longsoran hingga menutupi badan jalan yang menghubungkan Citorek- Warung Banten.

BACA JUGA: Duh, 20 EWS Tanah Longsor di Gunungkidul Rusak

Oleh karena itu, BPBD minta warga yang tinggal di daerah-daerah rawan bencana alam agar meningkatkan kewaspadaan guna mengurangi risiko kebencanaan.

"Kami berharap warga tetap waspada dan jika cuaca buruk melanda lebih dari empat jam sebaiknya mengungsi ke lokasi yang lebih aman," katanya menjelaskan.

Sejumlah kendaraan pribadi yang melintasi Pasir Ona menuju Curug Rangkasbitung sekitar pukul 16.30 WIB terpaksa istirahat di area minimarket dan pertokoan akibat hujan lebat disertai angin kencang dan petir. "Kami lebih baik menghentikan perjalanan, karena khawatir pohon roboh," kata Usman, seorang pengemudi angkutan pribadi warga Rangkasbitung Kabupaten Lebak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Indonesian Heritage Agency Transformasikan Pengelolaan Museum dan Cagar Budaya

Jogja
| Kamis, 16 Mei 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement