Advertisement

Telantar 3 Hari, Pemudik di Pelabuhan Jangkar Diangkut Kapal Kemenhub

Newswire
Minggu, 07 April 2024 - 23:27 WIB
Maya Herawati
Telantar 3 Hari, Pemudik di Pelabuhan Jangkar Diangkut Kapal Kemenhub Sejumlah calon penumpang antre menaiki Kapal Navigasi KN Bimasakti Utama di Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur, Minggu (7/4 - 2024). / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SITUBONDO—Ratusan pemudik tujuan Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, telantar selama tiga hari di Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur. Pada Minggu (7/4/2024) akhirnya diangkut menggunakan kapal perbantuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Panarukan Situbondo Herlan Aprilyanto menyebut ada sebanyak 303 orang pemudik tujuan Pulau Raas bisa terangkut menggunakan kapal perbantuan Kementerian Perhubungan, yakni Kapal Negara (KN) Bima Sakti Utama pada hari ini.

Advertisement

"Alhamdulillah pada hari ini (Minggu) pemudik tujuan Pulau Raas bisa terangkut menggunakan kapal navigasi Kemenhub pada hari ini, tapi ini khusus muatan orang saja," katanya kepada wartawan di Situbondo.

Dia merinci, dari sebanyak 303 orang penumpang warga Pulau Raas itu, 85 penumpang anak-anak, 15 penumpang anak balita dan sisanya 203 orang adalah penumpang dewasa.

Herlan mengatakan bahwa Kapal Negara Bima Sakti Utama itu merupakan kapal navigasi yang diperbantukan mengangkut pemudik yang tidak mendapatkan tiket kapal feri rute Jangkar-Raas, karena keterbatasan kapal laut yang beroperasi di lintasan penyeberangan Situbondo-Madura.

BACA JUGA: Golkar-Gerindra Bersatu dengan PKB-PKS di Pilkada Boyolali

"Karena ini kapal negara yang diperbantukan mengangkut pemudik, tidak ditarik tiket atau gratis," ujarnya.

Salah seorang pemudik tujuan Pulau Raas, Sumiyati mengaku senang pemerintah tanggap dengan mendatangkan kapal perbantuan untuk mengangkut mereka setelah tiga hari terlantar di Pelabuhan Jangkar, Situbondo.

"Ke depan kami berharap kepada pemerintah menambah jadwal keberangkatan atau tri rute Jangkar-Raas, sehingga kami tidak harus menunggu sampai dengan tiga hari di pelabuhan," ujarnya.

Dari pantauan, seorang wanita yang sedang hamil muda nyaris pingsan dan harus mendapatkan penanganan medis karena kelelahan antre menunggu di pintu dermaga pelabuhan.

KN Bima Sakti Utama bertolak dari Pelabuhan Jangkar ke Pulau Raas sekitar pukul 11.00 WIB dengan mengangkut pemudik sebanyak 303 orang penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Nobar Lesehan bareng Warga, Sultan Bilang Begini Usai Timnas Kalah di Semifinal Piala Asia U-23

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement