Advertisement

Kenali Perbedaan Puting Beliung dan Tornado

Mediani Dyah Natalia
Kamis, 22 Februari 2024 - 22:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Kenali Perbedaan Puting Beliung dan Tornado Bencana / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bencana angin kencang yang terjadi di Rancaekek, Kabupaten Bandung pada Rabu (21/2/2024) Sore sempat menyisakan perbedaan pendapat. Ada yang menggolongkan angin itu sebagai tornado tetapi ada juga yang menyebutkan puting beliung. Lalu apa perbedaan keduanya? Berikut rangkumannya.

Dikutip dari laman BMKG, disebutkan siklon, tornado, puting beliung dan water spout sama-sama merupakan pusaran atmosfer. Namun ukuran diameter tornado, puting beliung dan water spout sama-sama berkisar pada ratusan meter, sedangkan ukuran diameter siklon dapat mencapai ratusan kilometer.

Advertisement

Tornado terjadi di atas daratan, sedangkan siklon tropis di atas lautan luas. Siklon tropis yang memasuki daratan akan melemah dan kemudian mati. Puting beliung merupakan sebutan lokal untuk tornado skala kecil yang terjadi di Indonesia, dan water spout merupakan tornado yang terjadi di atas perairan seperti danau maupun laut.

Adapun Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memiliki indikator tersendiri untuk membedakan antara puting beliung dan tornado

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jelang Laga Terakhir Liga 1 Kontra Persib, Pelatih PSS: Ini Laga Hidup Mati Kami

Sleman
| Senin, 29 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement