Advertisement

Susul Jepang, Inggris Resmi Masuk ke Jurang Resesi

Aprianus Doni Tolok
Jum'at, 16 Februari 2024 - 08:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Susul Jepang, Inggris Resmi Masuk ke Jurang Resesi Ilustrasi resesi ekonomi / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Perekonomian Inggris jatuh ke dalam kubangan resesi pada pertengahan kedua tahun 2023, jauh dari target pertumbuhan Perdana Menteri Rishi Sunak.

Melansir Reuters, produk domestik bruto (PDB) Inggris mengalami kontraksi sebesar 0,3% dibandingkan kuartal sebelumnya pada kuartal IV/2023. Inggris masuk ke dalam resesi teknis setelah pada kuartal sebelumnya juga mengalami kontraksi 0,1%.

Advertisement

Wakil kepala ekonom Inggris Capital Economics Ruth Gregory mengatakan bahwa angka-angka PDB memiliki signifikansi politik yang lebih besar daripada ekonomi, dengan para pemilih yang akan memilih anggota parlemen di dua daerah pemilihan pada hari Kamis.

"Berita bahwa Inggris tergelincir ke dalam resesi teknis pada tahun 2023 akan menjadi pukulan bagi perdana menteri pada hari ketika ia menghadapi prospek kalah dalam dua pemilihan sela," kata Gregory seperti dikutip Reuters, Kamis (15/2/2024).

BACA JUGA: 4 Sosok Perempuan Wakil Rakyat yang Berpotensi ke Senayan dari Dapil DIY, Mulai GKR Hemas hingga My Esti

Kontraksi kuartal keempat lebih dalam daripada perkiraan semua ekonom dalam jajak pendapat Reuters, yang menunjukkan penurunan 0,1%.

Para investor meningkatkan ekspektasi mereka pada Bank of England (BoE) yang akan memangkas suku bunga tahun ini dan para pelaku bisnis meminta lebih banyak bantuan dari pemerintah dalam rencana anggaran yang akan dirilis pada tanggal 6 Maret 2024.

Inggris bergabung dengan Jepang di antara negara-negara G7 yang mengalami resesi, meskipun resesi ini kemungkinan akan berlangsung singkat dan dangkal menurut standar historis.

Kanada belum melaporkan data PDB untuk kuartal IV/2024. Perekonomian Inggris hanya 1% lebih tinggi dari levelnya pada akhir 2019, sebelum pandemi Covid-19 melanda, hanya Jerman di antara negara-negara G7 yang bernasib lebih buruk.

Sunak berjanji untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebagai salah satu janji utamanya kepada para pemilih tahun lalu.

Partai Konservatif yang dipimpinnya telah mendominasi politik Inggris selama hampir tujuh dekade terakhir, dengan reputasi sebagai partai yang memiliki kompetensi di bidang ekonomi. Namun Partai Buruh kini lebih dipercaya dalam bidang ekonomi, menurut jajak pendapat.

Para analis mengatakan rumah tangga Inggris diproyeksi mengalami penurunan standar hidup untuk pertama kalinya antara satu pemilihan umum nasional dengan pemilihan umum berikutnya sejak Perang Dunia II.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Meninggal Karena Sakit Paru Kronis

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement