Advertisement

Rekomendasi Mobil Bekas Cocok Untuk Taksi Online

Abdul Hamied Razak
Rabu, 22 November 2023 - 16:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Rekomendasi Mobil Bekas Cocok Untuk Taksi Online Ilustrasi mobil bekas

Advertisement

JOGJA—Perkembangan teknologi telah merubah banyak kebiasaan masyarakat. Salah satunya terobosan taksi online, dimana seseorang tidak lagi mencari taksi di jalan untuk mengantar mobilitas masyarakat. Dengan adanya taksi online maka masyarakat hanya menggunakan smartphone untuk memesan taksi.

Kecanggihan teknologi telah membantu masyarakat dalam hal transportasi dan membuka lapangan pekerjaan baru. Namun bagi seorang driver taksi online tentu membutuhkan mobil yang memiliki performa mesin yang baik dan konsumsi bahan bakar yang irit.

Advertisement

Jika kamu ingin menjadi driver taksi online maka kamu bisa menyiapkan mobil baru maupun bekas dan kamu memenuhi syarat-syarat yang dibutuhkan oleh aplikator taksi online.

Mobil bekas juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang tidak memiliki dana yang besar untuk kredit mobil baru. Namun untuk mendapatkan mobil bekas yang cocok untuk taksi online maka ada beberapa rekomendasi mobil yang cocok buat taksi online.

Daftar mobil bekas yang cocok untuk taksi online

Sebelum kamu melengkapi semua persyaratan untuk menjadi driver taksi online. Terlebih dahulu kamu harus memikirkan pilihan jenis mobil yang akan kamu gunakan untuk bekerja sebagai driver taksi online. Berikut pilihan mobil bekas yang direkomendasikan untuk membantu kamu menjadi driver taksi online, diantaranya adalah:

1.Toyota Avanza

Mobil sejuta umat merupakan julukan untuk mobil Toyota Avanza, mobil ini sangat cocok dan menjadi pilihan terbaik untuk taksi online. Mengapa tidak? Avanza masuk dalam segmen minivan keluarga 7 dengan interior dan bagasi berukuran besar.

Selain di Indonesia, Avanza dijual di Asia Tenggara, Afrika Selatan, Meksiko, Pakistan, Nepal, Kamboja, Myanmar, Bangladesh, Sri Lanka, Timur Tengah, Karibia, serta Mesir dan negara Afrika lainnya. Versi modifikasi mobil tersebut dijual di China dengan merek FAW Group Corporation.

Avanza menjadi mobil penumpang terlaris di Indonesia selama tiga belas tahun (masing-masing antara tahun 2006 dan 2019), sebelum Honda Brio mengambil alih posisinya pada tahun 2020. Avanza kembali meraih posisi tersebut pada tahun 2021.

Puncak popularitasnya pada tahun 2013, Avanza mencapai 17% dari total penjualan mobil di Indonesia. ketika kamu membuka OLX, maka akan banyak ditemui Toyota Avanza di platform jual beli mobil bekas.

2. Daihatsu Xenia

MPV jenis ini hadir di Indonesia pada tahun 2004. Generasi pertama diluncurkan di Indonesia dengan tiga model utama yaitu Mi, Li, dan Xi. Varian Mi dan Li menggunakan mesin 1.0L, sedangkan Xi menggunakan mesin 1.3L. Daihatsu generasi kedua). Untuk Model R tersedia transmisi otomatis.

Xenia generasi ketiga hadir di tahun 2021 ini dan tersedia dalam 4 model utama yaitu 1.3M (standar 1300 cc), 1.3X (spek menengah 1300 cc), 1.3R (spek tertinggi 1.300 cc) dan 1.5R (spek tertinggi 1.300 cc). ). spesifikasi 1.500 cc). Astra Daihatsu Styling Aksesori Pack (ADS) juga tersedia untuk model 1.3R dan 1.5R dan menggantikan Deluxe Aksesori Pack generasi sebelumnya, sedangkan Advanced Safety Assist (A.S.A.) juga tersedia untuk model 1.5R.

 3. Honda Mobilio

LMPV masih menjadi segmen mobil yang masih banyak disukai oleh masyarakat saat ini. Jika kamu sedang mencari mobil dengan desain bertenaga dan tempat duduk untuk 7 orang, sebaiknya cari Honda Mobilio bekas.

Pada tahun 2016 ini, Honda Mobilio tersedia dalam 6 versi berbeda dengan fitur-fitur yang mempengaruhi harga. Model bekas Honda Mobilio antara lain S, E, E CVT, Prestige, RS dan RS CVT

4. Toyota Calya

Green car (LCGC) 7 tempat duduk pertama di Indonesia telah hadir sejak 9 Juli 2016. Pabrikan mengklaim Calya terbukti menjadi yang terdepan dalam kenyamanan berkendara. MPV yang mengusung konsep Toyota UFC-3 ini pertama kali ditampilkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di Jakarta dan berbagi platform dengan Agya dan Ayla.

Mobil ini menggunakan mesin 1,2 liter dengan kode 3NR-VE yang sama dengan Etios Valco dan mesin 1 liter dengan kode 1KR-VE. Toyota Calya ditenagai mesin 3NR-VE 1200cc Dual VVT-i. Mesin ini menghasilkan tenaga 89 hp pada 6.000 rpm dan torsi 107 Nm pada 4.200 rpm.

Tenaga mesin tersebut disalurkan ke roda depan melalui dua pilihan transmisi, yakni manual empat percepatan dan matic empat percepatan. Sebagai mobil favorit di ranah LCGC, Toyota Calya juga memiliki harga bekas yang bagus. Harga jualnya masih bagus karena peminatnya tinggi.

5. Daihatsu Sigra

Mobil selanjutnya yang paling banyak terdapat pada situs jual beli online adalah Daihatsu Sigra. Daihatsu Sigra bekas yang dijual dengan berbagai warna dan pilihan harga. Melihat angka grosir yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun 2021, tercatat Daihatsu Sigra berhasil menjual 40.283 mobil, menjadikan mobil ini sebagai mobil terlaris pertama di LCGC.

Saat ini tersedia di pasar mobil Indonesia pada tahun 2016, Sigra ditawarkan dalam enam versi utama yaitu 1.0 D, 1.0 M, 1.2. Varian mesin 1000cc hanya tersedia dengan transmisi manual 5 percepatan. Sedangkan untuk model 1200cc ditambah pilihan transmisi otomatis 4 percepatan.

Pada tahun 2019, Sigra mengalami transformasi. Daihatsu menawarkan bumper depan baru, lampu depan LED, dan kaca spion lipat elektrik untuk sebagian besar model.

Tips membeli mobil bekas untuk taksi online

1. Mempertimbangkan Kebutuhan Bisnis

Sebelum membeli mobil bekas, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan bisnis. Setiap taksi online memiliki persyaratan dan kebijakan yang berbeda, jadi pastikan mobil yang kamu pilih memenuhi persyaratan tersebut. Perhatikan hal-hal berikut ini:

● Kapasitas Penumpang: Pastikan mobil yang Anda pilih dapat mengakomodasi jumlah penumpang yang sesuai dengan kebijakan taksi online yang Anda ikuti.

● Konsumsi Bahan Bakar: Pertimbangkan efisiensi bahan bakar mobil untuk mengurangi biaya operasional.

● Keandalan: Pilih mobil yang dapat diandalkan dan minim masalah teknis agar bisnis Anda berjalan lancar.

● Kenyamanan: Pastikan mobil memiliki kenyamanan yang cukup untuk penumpang agar mereka merasa puas dengan layanan Anda.

2. Perhatikan kondisi mobil

Mesin dan Performa

Periksa mesin mobil untuk memastikan bahwa mobil berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah mekanis yang serius. Perhatikan tanda-tanda kerusakan seperti bunyi yang tidak normal, bau yang tidak biasa, atau kebocoran minyak. Jika perlu, ajak seorang mekanik untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Eksterior dan Interior

Periksa kondisi eksterior dan interior mobil. Pastikan tidak ada kerusakan yang signifikan seperti penyok atau goresan yang dapat mempengaruhi penampilan mobil. Periksa juga kualitas dan kebersihan interior mobil. Penumpang akan lebih memilih mobil yang bersih dan terawat dengan baik.

Dokumen dan Riwayat Servis

Pastikan Anda memeriksa dokumen mobil seperti BPKB, STNK, faktur, dan riwayat servis. Pastikan semua dokumen tersebut lengkap dan sah. Riwayat servis yang lengkap akan memberikan bukti bahwa mobil telah dirawat dengan baik dan mengurangi risiko masalah teknis di masa mendatang. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Gunungkidul Digelontor Rp20 Miliar untuk Padat Karya

Gunungkidul
| Jum'at, 23 Februari 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Rayakan Imlek, Solo Safari Sambut Pengunjung dengan Beragam Acara Seru

Wisata
| Senin, 12 Februari 2024, 17:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement