Advertisement

Firli Bahuri: Ketua KPK Tidak Pernah Bersikap Mangkir

Newswire
Jum'at, 17 November 2023 - 22:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Firli Bahuri: Ketua KPK Tidak Pernah Bersikap Mangkir Ketua KPK Firli Bahuri / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sempat absen saat mendapat panggilan dari Polda Metro Jaya sebagai saksi kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyatakan dirinya tak pernah mangkir.

"Ketua KPK tidak pernah bersikap mangkir dari pemanggilan Penyidik Polda Metro Jaya karena semua disampaikan secara komunikatif dan informatif serta selalu berada di wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Firli dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Advertisement

Baca Juga: Firli Bahuri Mangkir dari Panggilan Polda Metro Jaya, Ini Kata Pengamat Politik

Firli menegaskan dirinya akan senantiasa menghormati kewenangan penyidik dan akan selalu kooperatif melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara pada proses penegakan hukum tersebut.

"Ketua KPK bersama pimpinan KPK akan selalu kooperatif untuk kebutuhan penegakan hukum, dan berharap ini bisa diselesaikan dengan baik," ujarnya.

Baca Juga: Sejumlah Barang Disita Polisi, Ketua KPK Minta Keadilan

Purnawirawan Polri berbintang tiga itu juga mengatakan dirinya selama ini selalu kooperatif dengan dua kali hadir memenuhi panggilan penyidik kepolisian

Instansi yang dipimpinnya juga bersikap kooperatif dengan penyidik Polda Metro Jaya dan telah berkoordinasi untuk pertukaran informasi untuk penanganan perkara terkait.

Terkait dengan pengajuan perubahan jadwal pemeriksaan terhadap dirinya, Firli mengatakan permohonan perubahan jadwal tersebut dilakukan semata karena keperluan dinas sebagai penyelenggara negara.

Baca Juga: Hindari Awak Media, Ketua KPK Firli Bahuri Datang Lebih Dulu ke Bareskrim Polri

Sebelumnya (16/11/2023), Ketua KPK Firli Bahuri memenuhi panggilan penyidik gabungan Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Ditipidkor Bareskrim Polri untuk dimintai keterangan lanjutan sebagai saksi kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Firli dijadwalkan diperiksa pukul 10.00 WIB, tetapi pimpinan KPK tersebut tiba lebih awal dari jadwal yakni pukul 09.00 WIB.

Pada sekitar pukul 14.00 WIB, purnawirawan Polri itu terpantau keluar dari ruang pemeriksaan lantai VI Dittipidkor Bareskrim Polri melalui lobi Gedung Rupatama, yang merupakan akses VIP bagi pejabat utama Mabes Polri, termasuk agenda-agenda Kapolri.

Firli yang mengenakan baju batik lengan panjang terlihat dikawal sejumlah ajudannya keluar dari pintu belakang Gedung Rupatama dan langsung menuju kendaraan minibus SUV warna hitam dengan nomor polisi B 1917 TJQ.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

PDIP Sleman Buka Penjaringan Calon untuk Pilkada 2024, Ini Kriterianya

Sleman
| Minggu, 28 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement