Advertisement

Kaesang Ketum, PSI Sindir Partai Tua Tidak Bisa Regenerasi

Surya Dua Artha Simanjuntak
Selasa, 26 September 2023 - 08:27 WIB
Sunartono
Kaesang Ketum, PSI Sindir Partai Tua Tidak Bisa Regenerasi Usai sukses mendudukan Kaesang Pangarep jadi ketum PSI, Grace Natalie Sindir partai politik tua yang kesulitan melakukan regenerasi posisi ketua umum (ketum). Dok. Youtube Kaesang Pangarep.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie menyindir partai politik tua yang kesulitan melakukan regenerasi posisi ketua umum (ketum).

Grace menyatakan itu usai ditanyai awak media mengenai proses kaderisasi partai, sebab PSI berani mengangkat Kaesang Pangarep sebagai ketua umum meski baru dua hari jadi kader.

Advertisement

Awalnya, Grace menekankan PSI masih tergolong partai baru karena baru berumur 9 tahun. Oleh sebab itu, mereka masih berusaha melakukan kaderisasi. Meski demikian, dia menekankan PSI konsisten melakukan regenerasi ketua umum meski masih muda.

BACA JUGA : Tiba di Jerman, Timnas U-17 Langsung Lakukan Pemusatan Latihan

"Meskipun masih bocil [bocah cilik], kami berhasil menelurkan dua ketua umum [dirinya sendiri dan Giring Ganesha], sudah sampai ke ketum yang ke tiga [Kaesang]," ujar Grace usai forum Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2023) malam.

Dia pun menyinggung soal partai yang sudah lebih tua dari PSI. Meski kaderisasinya sudah lebih baik dari PSI, namun mereka masih kesulitan lakukan regenerasi ketua umum.

"Kalau kita berkaca pada partai-partai yang lain, ada yang umurnya sudah jauh lebih banyak, kaderisasinya kami yakin jauh lebih baik, tetapi belum juga melakukan regenerasi," ungkap Grace.

Oleh sebab itu, dia mengaku ingin menunjukkan bahwa di PSI semua orang punya kesempatan yang sama. Bahkan, lanjutnya, untuk menjadi ketua umum partai.

Grace menegaskan partainya memang punya kebiasaan menjadikan seorang yang masih baru di dunia politik jadi ketua umum. Dia mencontohkan dirinya ketika menjadi ketua umum pertama PSI dan kemudian digantikan oleh mantan vokalis Nidji, Giring Ganesha.

"Kami di PSI sama-sama isinya kebanyakan newbie [anak baru], enggak punya pengalaman tapi kerja kolektif kolegial, itu yang menjadi kekuatan. Jadi kami optimis banget Mas Bro Kaesang enggak berdiri sendiri, kita semua siap full support [mendukung penuh] untuk bisa langsung lari menuju Pemilu 2024," jelasnya.

BACA JUGA : Piala Dunia U-17, Timnas U-17 Dijadwalkan Bertanding Perdana di GBT Surabaya

Sebagai informasi, Megawati Soekarnoputri menjadi ketua umum partai politik yang paling lama menjabat. Megawati telah menjadi ketua umum PDIP sejak 14 Februari 1999. Bahkan, saat masih bernama PDI, Megawati sudah menjadi ketua umum sejak 1993.

Setelah Megawati, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menjadi sosok terlama kedua yang memimpin partai politik. Cak Imin sudah menjadi ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sejak 2005.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prabowo-Gibran Peroleh Amunisi Dukungan dari Relawan RKB DIY

Jogja
| Kamis, 07 Desember 2023, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Wisata Bangkok, Menikmati Senja di Sungai Chao Phraya

Wisata
| Jum'at, 01 Desember 2023, 21:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement