Advertisement

Belajar Cegah Hoaks, Puluhan Orang Ikuti Program Tular Nalar di DIY

Galih Eko Kurniawan
Jum'at, 22 September 2023 - 02:57 WIB
Galih Eko Kurniawan
Belajar Cegah Hoaks, Puluhan Orang Ikuti Program Tular Nalar di DIY Ilustrasi hoaks. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mafindo bersama Google.org dan Love Frankie menggelar kelas Sekolah Kebangsaan dan Akademi Digital Lansia dalam program Tular Nalar di 16 wilayah di seluruh Indonesia untuk memajukan literasi digital dan konsep berpikir kritis.

Di DIY, program itu digelar di Fakultas Psikologi dan Ilmu Budaya Universitas Islam Indonesia dan Akademi Film Yogyakarta, Selasa (19/9/2023).

Advertisement

Koordinator Tular Nalar DIY, Petrus, menuturkan total peserta di FPSB UII sekitar 50 mahasiswa sedangkan peserta di Akademi Film Yogyakarta total peserta 70 mahasiswa.

“Antusiasme rekan-rekan di dua tempat ini begitu menyenangkan dari mulai membentuk kelompok hingga menyampaikan pendapat-pendapat mereka tentang hoaks di dalam forum tersebut,” ujarnya dalam rilis kepada Harian Jogja, Jumat (22/9/2023).

Petrus berharap melalui kegiatan ini peserta lebih bisa menyaring informasi dengan baik yang didapat dari berbagai sumber, terutama lewat Internet, sebelum dibagikan kepada orang lain.

Mengingat, perkembangan teknologi digital yang mudah diakses siapapun tanpa ada filter untuk menyaring segala informasi yang ada bisa mendorong munculnya berbagai berita hoaks ataupun ujaran kebencian terutama menjelang Pemilu 2024.

Ketua Presidium Mafindo Septiaji mengutarakan bahwa dengan dukungan berkelanjutan dari
Google.org, Mafindo merasa bangga dapat berkolaborasi dengan Love Frankie, Think Policy, Perludem, Ruangguru, para pakar dan aktivis literasi lainnya untuk memperluas program Tular Nalar di 38 provinsi.

Direktur Love Frankie Matt Love menekankan saat ini Indonesia berada pada titik kritis di tengah badai informasi digital. Tantangan hoaks dan misinformasi bukan hanya menjadi sekedar gangguan selewat tetapi juga ujian ketahanan kolektif atas norma dan demokrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada Gunungkidul, Program Director Trans7 Dekati Sunaryanta

Gunungkidul
| Senin, 20 Mei 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement