Advertisement

Deklarasi KTT G20: Ukraina Nilai Tak Patut Dibanggakan

Reyhan Fernanda Fajarihza
Senin, 11 September 2023 - 08:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Deklarasi KTT G20: Ukraina Nilai Tak Patut Dibanggakan Ukraina Sindir Deklarasi KTT G20: Tak Patut Dibanggakan!. Layanan Pers - Handout Kepresidenan Ukraina via REUTERS

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Luar Negeri Ukraina pada Sabtu (10/9/2023) mengatakan bahwa tidak ada yang patut dibanggakan dalam deklarasi bersama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 India.

Hal ini merupakan kritik dari Ukraina terhadap naskah deklarasi tersebut yang tidak menyebut nama Rusia secara spesifik.

Advertisement

Melalui laman Facebook resminya, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Oleg Nikolenko mengunggah tangkapan layar bagian yang relevan dengan situasi Ukraina dari deklarasi bersama tersebut.

BACA JUGA: Deklarasi KTT G20: Tak Kutuk Rusia, Serukan Perdamaian Dunia

Beberapa bagian teks dicoret Nikolenko dengan warna merah, dan dikoreksi dengan kata-kata yang mencerminkan posisi Ukraina bahwa mereka adalah korban agresi militer Rusia yang tidak beralasan.

“Jelas bahwa partisipasi pihak Ukraina [dalam pertemuan G20] akan memungkinkan para peserta untuk lebih memahami situasi,” tulisnya dalam unggahan itu, sebagaimana dikutip dari Reuters, Minggu (10/9/2023).

Meskipun kecewa dengan keseluruhan naskah G20, dia tetap berterima kasih kepada sekutu Ukraina karena telah dianggap berjasa untuk memajukan posisi Ukraina dalam deklarasi tersebut.

“Ukraina berterima kasih kepada para mitra yang mencoba memasukkan formulasi yang kuat ke dalam teks,” katanya.

Diberitakan sebelumnya KTT G20 yang berlangsung di India pada Sabtu lalu telah menghasilkan kesepakatan pernyataan bersama atau leaders declaration.

Salah satu poin utama adalah mengenai situasi Ukraina. Secara umum, tiap negara dituntut untuk bertindak sesuai prinsip piagam PBB dan mengutamakan resolusi konflik dengan diplomasi dan dialog.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Coklit Pilkada Kulonprogo Capai 90 Persen, 2 Pantarlih Telat Dilantik Tak Jadi Kendala

Kulonprogo
| Minggu, 14 Juli 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Bogor Punya Banyak Wisata Alam yang Layak Dikunjungi, Ini Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 13 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement