Advertisement

Survei Terbaru, Responden Puas Kinerja Polri Memberantas Perdagangan Orang

Newswire
Kamis, 31 Agustus 2023 - 17:47 WIB
Maya Herawati
Survei Terbaru, Responden Puas Kinerja Polri Memberantas Perdagangan Orang Perdagangan manusia, perdagangan orang, TPPO - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Hasil riset Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyebut sebanyak 86,1% responden puas atas kinerja Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam memberantas tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan 35% responden mengetahui salah satu kasus TPPO adalah penjualan ginjal yang melibatkan warga negara Indonesia (WNI) di Kamboja. Dari responden yang mengetahui kasus itu, sebanyak 86,1% merasa puas atas kinerja Polri.

Advertisement

“Jadi ini isu yang dihargai atau diapresiasi oleh masyarakat," ujar Djayadi sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis diterima di Jakarta, Rabu (31/8/2023).

Djayadi merinci responden menyatakan sangat puas adalah sebanyak 18,7%; cukup puas 67,4%; kurang puas 9,6%; tidak puas sama sekali 1,5%; dan tidak tahu atau tidak menjawab 2,8%. Adapun penanganan TPPO oleh Polri dilakukan melalui satuan tugas khusus (satgasus) yang merupakan bentukan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Lebih lanjut dalam survei yang sama, LSI juga mendapati bahwa kepercayaan publik terhadap Polri membaik pada periode Agustus 2023.

BACA JUGA: Tribun Selatan Maguwoharjo Dibuka, 15.000 Tiket Disiapkan

Pada kategori tingkat kepercayaan lembaga negara periode bulan ini, Polri mendapat kepercayaan publik sebesar 67%. Angka itu meningkat dibandingkan periode Juli 2023, yang ketika itu kepercayaan publik kepada Polri adalah 65%.

Dalam salindia yang ditampilkan Djayadi tampak bahwa angka 67% kepercayaan publik kepada Polri terdiri dari delapan% responden yang merasa sangat percaya dan 59% merasa cukup percaya.

Di samping itu, sebanyak 29% responden merasa kurang percaya, tiga% tidak percaya sama sekali, dan satu% tidak tahu atau tidak menjawab.

Survei LSI dilakukan pada 3–9 Agustus 2023 dengan responden sebanyak 1.220 yang dipilih secara multistage random sampling. Margin of error dari 1.220 responden tersebut sekitar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95% (dengan asumsi simple random sampling).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kawanan Ubur-ubur Muncul Lebih Cepat, 9 Pengunjung di Pantai Krakal Gunungkidul Jadi Korban

Gunungkidul
| Minggu, 28 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement